KSAL: Investigasi Pesawat Bonanza untuk Evaluasi, Jangan Direkayasa

CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 15:26 WIB
KSAL mengatakan hasil investigasi peristiwa jatuhnya pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503 akan dijadikan evaluasi bagi pihaknya. KSAL minta kasus pesawat Bonanza diumumkan terbuka. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan hasil investigasi peristiwa jatuhnya pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503 akan dijadikan evaluasi bagi pihaknya.

Ia tidak ingin ada rekayasa terhadap hasil investigasi peristiwa itu.

"Hasilnya saya tidak mau hasilnya juga direkayasa, ini kan untuk evaluasi supaya ke depan tidak terjadi lagi," kata Yudo di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (27/9).

Ia menyebut investigasi peristiwa itu dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Angkatan Laut dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Sejauh ini, Yudo mengaku belum mendapat laporan hasil investigasi.

"Kita tidak menargetkan (kapan selesai), pastinya hasilnya kita laporkan kepada Panglima TNI,pada Menhan pada Komisi I tentang investigasi tersebut," katanya.

Pesawat latih Bonanza G-36 milik TNI AL sebelumnya jatuh saat konvoi KRI melaksanakan latihan antiserangan udara awal September ini.

Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan menjelaskan pesawat tersebut diduga jatuh ke laut sekitar pukul 09.30 WIB.

Pesawat tercatat lepas landas pada 08.45 WIB dari bandara Juanda. Pesawat lalu dilaporkan hilang kontak di perairan laut Selat Madura pada pukul 08.55 WIB.

Dua prajurit TNI AL yang mengawaki pesawat dinyatakan meninggal dunia. TNI AL pun menghentikan sementara operasi pesawat jenis G-36 Bonanza buntut peristiwa tersebut.

(yog/DAL)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER