Survei Capres LSJ: Prabowo Teratas, Disusul Ganjar dan Anies

CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 14:45 WIB
Prabowo Subianto unggul dengan elektabilitas mencapai 31,5 persen. Sementara Ganjar 20,8 persen dan Anies 16,9 persen. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: REUTERS/CAROLINE CHIA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei Lingkar Survei Jakarta (LSJ) menempatkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon potensial di pemilihan presiden (pilpres) dengan elektabilitas tertinggi.

Direktur Eksekutif LSJ, Fetra Ardianto mengatakan Prabowo unggul dengan elektabilitas mencapai 31,5 persen. Menteri Pertahanan itu unggul jauh dari dua pesaingnya, yaitu Ganjar Pranowo di posisi kedua dengan elektabilitas 20,8 persen dan Anies Baswedan dengan elektabilitas 16,9 persen.

"Hasil survei LSJ kali menegaskan bahwa Prabowo Subianto memiliki tingkat elektabilitas paling signifikan alias tertinggi dibanding tokoh-tokoh lain," kata Fetra dalam paparannya, Selasa (27/9).

Menurut Fetra, hasil tersebut sekaligus menegaskan Prabowo masih kokoh alias belum tergoyahkan dari rilis survei LSJ pada Januari lalu.

Hasil survei juga mengungkapkan bahwa tokoh selain Prabowo, mengalami stagnasi elektabilitas. Menurut LSJ, elektabilitas Anies dan Ganjar cenderung stagnan dari survei terakhir mereka.

Begitu pula dengan nama-nama lain seperti Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno. Sedangkan, LSJ menyebut bahwa Puan Maharani, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Erick Thohir mengalami kenaikan elektabilitas cukup signifikan.

"Puan, AHY, dan Erick Thohir mengalami peningkatan elektabilitas dibandingkan survei LSJ sebelumnya," katanya.

Survei LSJ dilakukan pada 10-20 September di 34 provinsi seluruh Indonesia. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia minimal berusia 17 tahun atau telah memiliki KTP.

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap atau multi stage random sampling. Margin of error sekitar 2,81 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Sementara itu, hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang dirilis Senin (26/9), nama Ganjar Pranowo dominan dalam tiga simulasi nama capres potensial. Tiga simulasi tersebut masing-masing menyajikan 14, 7, dan 3 nama.

Dari semua simulasi tersebut, Ganjar mengungguli dua nama potensial lain yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Ganjar unggul mulai angka 25-33 persen.

Ganjar juga unggul dalam survei yang dirilis Charta Politika pekan lalu. Ia berada di posisi puncak bursa capres 2024, yakni sebesar 31,3 persen. Menyusul Prabowo berada di posisi dua dengan elektabilitas 24,4 persen dan Anies di posisi ketiga dengan 20,6 persen.

(thr/tsa)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER