AKU & JAKARTA

Ajis Pemuda Sinarmas, Pionir DJ Kaset dan Hentak Lagu-lagu Lawas

Hamka Winovan | CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 19:18 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Muhammad Fajrin Tio (30) atau Ajis menekuni profesi sebagai cassette jockey sejak 2015. Sebelumnya ia pernah bekerja di sebuah rumah produksi dan memutuskan untuk keluar dan fokus menjadi 'dj kaset' dengan nama panggung Pemuda Sinarmas.

Pemilihan nama itu terinspirasi dari nama-nama toko-toko yang memiliki nama-nama yang unik, seperti PT Sinar Jaya, PT Mutiara, dan lain-lainnya. Ajis pun penasaran toko-toko dengan nama yang aneh itu justru masih bisa tetap eksis hingga saat ini. Dari ide tersebut, nama Pemuda Sinarmas lahir.

Kecintaan Ajis terhadap kaset tumbuh dari sang ibu yang selalu memainkan lagu-lagu di pemutar kaset. Kini, ia mengaku mempunyai lebih dari seribu koleksi kaset, mulai dari lagu zaman lawas hingga yang paling langka, pidato Presiden Sukarno.

Ajis mengatakan alasan memilih kaset dibandingkan vinyl karena kaset memiliki karakter suara yang unik, harga yang terjangkau dan ragam pilihan lagu. Meski demikian, untuk menentukan lagu mana yang ingin dimainkan, media kaset justru lebih sulit ketimbang vinyl.

CNN Indonesia TV
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER