Relawan Ganjar Yakin Megawati Akan Rasional Pilih Capres PDIP

CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 09:53 WIB
Relawan Ganjar Pranowo meyakini bahwa Megawati akan rasional memutuskan siapa sosok yang akan diusung sebagai capres 2024. (Kader PDIP Ganjar Pranowo (kedua kiri) memberikan naskah rekomendasi eksternal kepada Ketum Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) disaksikan Ketua DPP Puan Maharani (kanan) dan Prananda Prabowo (kiri) saat Rakernas di Sekolah Partai, Jakarta, Rabu (23/6/2022). (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Relawan Ganjar Pranowo meyakini bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan melihat secara rasional dalam memutuskan siapa sosok yang akan diusung sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer menilai Megawati akan mengutamakan tokoh dengan elektabilitas tinggi, seperti Ganjar Pranowo yang terbukti unggul dalam sejumlah survei.

"Kita masih punya keyakinan bahwa PDIP dengan Ibu Mega sebagai pimpinan partai akan melihat rasional dalam memilih atau mengambil keputusan untuk 2024," kata Immanuel dalam acara CNN Indonesia Newsroom yang disiarkan CNNIndonesia TV, Selasa (27/9).

"Secara emosional dia harus mendukung anaknya yang kita lihat elektabilitasnya sangat rendah, (sehingga) pilihannya paling bagus adalah memilih sosok kandidat yang punya elektabilitas tinggi," lanjutnya.

Immanuel juga mengatakan PDIP secara rasional harus mempertimbangkan kandidat dengan dampak elektoral yang tinggi. Sebab, tujuan partai dalam kontestasi politik adalah untuk meraih kemenangan.

Hal tersebut yang kemudian membuat Immanuel bersama relawan lainnya masih menyimpan keyakinan Ganjar akan terpilih sebagai capres PDIP. Ia pun menyebut Ganjar sebagai orang yang tepat secara rasional untuk menjadi kandidat pilihan Megawati.

"Kalau seandainya tidak mempunyai dampak elektoral buat apa? Hanya merusak partai itu sendiri. Yang namanya partai yang diinginkan adalah kemenangan, tujuan utama mereka adalah kemenangan," ujar Immanuel.

"Mas Ganjar itu dihajar oleh internal PDIP saja elektabilitasnya masih tetap tinggi. Apalagi nanti kalau seandainya sudah ada keputusan Mas Ganjar diusung PDIP, saya yakin lompatannya akan lebih jauh," sambungnya.

Diketahui, hasil survei CSIS mencatat Ganjar Pranowo mendominasi sejumlah simulasi elektabilitas calon presiden (capres), meski masih kalah secara head to head melawan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dari tiga simulasi yang menyajikan 14, 7, dan tiga nama kandidat, Ganjar selalu menempati posisi teratas. Ia juga mengungguli dua nama potensial lainnya, yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Namun, hasil berbeda didapat dalam simulasi duel head to head. Anies Baswedan menjadi sosok yang selalu unggul ketika head to head elektabilitas dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

(frl/pmg)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER