Farwiza Farhan, Aktivis Lingkungan yang Masuk TIME100 Next 2022

CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 14:57 WIB
Farwiza Farhan merupakan ketua Yayasan HAkA yang fokus pada isu-isu lingkungan dan hutan. Ia telah menerima banyak penghargaan. Farwiza Farhan merupakan ketua Yayasan HAkA yang fokus pada isu-isu lingkungan dan hutan. Ia telah menerima banyak penghargaan. (Foto: Tangkapan Layar Instagram @time)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktivis lingkungan sekaligus konservasionis hutan Farwiza Farhan masuk dalam daftar 'TIME100 Next 2022'. Profil Farwiza ditulis dalam majalah Time edisi Oktober 2022 yang ditulis oleh Jane Goodall.

Farwiza merupakan ketua Yayasan Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA), organisasi nirlaba yang fokus pada konservasi, perlindungan, dan pemulihan ekosistem Leuser di Aceh.

Farwiza bekerja pada aspek kebijakan dan advokasi. Ia berfokus untuk meningkatkan akses dan keterlibatan masyarakat lokal dalam pengembangan kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan dan mata pencaharian mereka.

Perempuan kelahiran Banda Aceh, 1 Mei 1986 ini menempuh pendidikan sarjana sains dengan studi biologi kelautan dari Universiti Sains Malaysia. Ia kemudian menempuh pendidikan Magister Manajemen Lingkungan di The University of Queensland, Australia, pada 2009-2010.

Lalu, Farwiza melanjutkan studi doktor Antropologi Budaya dan Studi Pembangunan Universitas Radboud sejak 2013 serta studi antropologi di Universitas Amsterdam dari 2016 sampai sekarang.

Farwiza telah meraih sejumlah penghargaan, yakni penghargaan National Geographic Wayfinder Award 2022, pemenang Pritzker Emerging Environmental Genius Award 2021, TED Fellow 2021, Future for Nature Award 2017, serta Whitley Award 2016.

Selain itu, Farwiza juga pernah bekerja sama dengan aktor Hollywood Leonardo Dicaprio yang pada 2016 mengunjungi Aceh dan membuat dokumenter lingkungan, yakni "Before the Flood".

Momen-momen kebersamaannya dengan Leo pun sempat diunggah di media sosial Instagram miliknya, @wiiiiza.

CNNIndonesia.com telah meminta izin Farwiza untuk mengutip media sosial LinkedIn dan Instagramnya.

Masuknya ia ke dalam daftar TIME100 Next 2022 direspons positif oleh publik. Farwiza menerima banyak ucapan selamat.

(pop/tsa)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER