OPM Bantai 4 Pekerja Jalan Trans Papua Barat, Polisi Terjun ke Lokasi

CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 13:23 WIB
TPNPB-OPM menyebut keempat pekerja Jalan Trans Papua Barat itu adalah anggota intelijen yang menyamar sebagai pelaksana proyek. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) Kodap IV wilayah Sorong Raya melaporkan telah membunuh empat orang pekerja Jalan Trans Papua Barat. (Foto: Arsip Istimewa)
Manokwari, CNN Indonesia --

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Kodap IV wilayah Sorong Raya mengklaim telah membunuh empat orang pekerja Jalan Trans Papua Barat.

Kejadian itu terekam dalam video yang menunjukkan pembantaian. Aksi itu dilakukan oleh kelompok di bawah pimpinan Komandan Operasi Mayor Arnoldus Kocu.

Juru bicara Komnas TPNPB-OPM Sebby Sambom menyebut keempat pekerja proyek jalan itu adalah anggota intelijen Indonesia yang menyamar sebagai pelaksana proyek.

"Mayat mereka masih ada dan dijaga oleh Pasukan TPNPB. TNI/Polri tidak perlu mengevakuasi mayat, karena ini adalah perang pembebasan nasional Papua Barat. Mereka akan memberikan perlawanan, kecuali tim Palang Merah Internasional yang melakukan evakuasi," tegasnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi mengatakan kepolisian setempat telah menerima laporan terkait hal itu, termasuk video yang menunjukkan aksi pembantaian.

Adam mengatakan hasil keterangan beberapa saksi membenarkan bahwa empat orang korban meninggal dalam foto dan video itu adalah satu rangkaian dengan kejadian penembakan 12 orang pekerja Jalan Trans Papua Barat jalur Kabupaten Bintuni-Kabupaten Maybrat pada Kamis (29/9) malam.

"Sementara ini, tim sedang berangkat menuju lokasi kejadian. Kami masih menunggu hasil dari tim yang ke lapangan," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (30/9).

(hen/pmg)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER