BPOM Terbitkan Izin Edar Vaksin Covid AWcorna

CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 13:30 WIB
Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan vaksin AWcorna merupakan hasil kerja sama PT Etana dengan China. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin virus corona (Covid-19) AWcorna (Dok. Kominfo RI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin virus corona (Covid-19) AWcorna.

Vaksin tersebut dibuat dengan platform mRNA yang didaftarkan oleh PT Etana Biotechnology Indonesia (PT Etana) dan dikembangkan oleh Abogen-Yuxi Walvax, China.

"Dengan pertimbangan aspek keamanan, efikasi, imunogenisitas, dan penggunaan CPOB. Maka vaksin AWcorna telah disetujui untuk indikasi sebagai imunisasi aktif dalam rangka pencegahan Covid-19," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers, Jumat (30/9).

Penny mengatakan pengembangan vaksin ini merupakan transfer teknologi. Vaksin AWcorna juga telah memenuhi syarat terkait aspek keamanan, khasiat dan mutu yang mengacu pada standar nasional maupun internasional.

Penny mengatakan bahwa efek samping yang dilaporkan dari uji klinik vaksin AWcorna umumnya bersifat ringan. Efek samping yang paling sering dilaporkan, antara lain demam, nyeri lokal, fatigue, sakit kepala, hingga bengkak.

Dari aspek khasiat atau efikasi vaksin AWcorna berkisar di antara 83,58 persen. Efikasi vaksin AWCorna terhadap varian Omicron sebesar 71,17 persen.

Imunogenisitas respons imunitas humoral sebesar 95 persen dengan titer antibodi netralisasi sebesar 132,5 dengan pemberian per dosis 15 mikogram.

Vaksin AWcorna juga mampu meningkatkan respons imun seluler sebesar 71,7 persen dengan titer antibodi 19,69 dengan pemberian 15 mikogram per dosisnya.

Pemberian vaksin AWcorna dalam pemberian dosis booster menunjukkan respons imun lebih baik dengan zero konversi 97,25 persen titer antibodi netralisasi 106-242 dibandingkan inactivated virus.

"Vaksin AWcorna ini bisa diberikan premier dan booster dewasa ya," ujar Penny.

(khr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER