Jokowi Tolak Komentari NasDem Usung Anies Capres: Kita Masih Berduka

CNN Indonesia
Senin, 03 Okt 2022 17:20 WIB
Presiden Jokowi menyebut saat ini masih dalam suasana duka. Dia tak mau berkomentar soal NasDem yang resmi mengusung Anies sebagai capres 2024. Presiden Jokowi menyebut saat ini masih dalam suasana duka. Dia tak mau berkomentar soal NasDem yang resmi mengusung Anies sebagai capres 2024. (Foto: REUTERS/POOL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo enggan mengomentari langkah Partai NasDem yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Jokowi menegaskan kondisi saat ini masih dalam suasana duka.

"Saya tidak, saya tidak, saya tidak ingin berkomentar. Karena posisinya masih kita dalam suasana duka," kata Jokowi saat kunjungan ke Batang, Jawa Tengah yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/10).

Jokowi tak merujuk peristiwa duka yang dia katakan. Namun, pada Sabtu (1/10), publik terhenyak oleh kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, usai laga Arema FC melawan Persebaya. Sebanyak 125 orang tewas dalam tragedi Kanjuruhan.

NasDem sendiri telah resmi mendeklarasikan Anies sebagai capres yang akan diusung pada Pilpres 2024. NasDem menilai Anies sebagai pilihan yang terbaik di antara pilihan yang baik lainnya.

Pengumuman itu langsung disampaikan oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, hari ini.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," sambung Paloh.

NasDem memberikan otoritas penuh kepada Anies untuk memilih calon wakil presiden pendampingnya. Sementara Anies sudah menyatakan siap mengemban amanat sebagai capres NasDem. 

Untuk merealisasikan upaya mengusung Anies sebagai capres, NasDem harus berkoalisi dengan partai lain guna memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden. 

Sejauh ini NasDem sudah membangun kesepakatan dengan Partai Demokrat dan PKS. Kedua partai itu juga sudah memberikan respons positif atas langkah NasDem menunjuk Anies sebagai capres. 

(rzr/wis)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER