Surya Paloh Harap Anies Bentuk Zaken Kabinet Jika Jadi Presiden

CNN Indonesia
Senin, 03 Okt 2022 20:12 WIB
Ketum Partai NasDem Surya Paloh berharap Anies Baswedan membentuk zaken kabinet jika terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024. Ketum Partai NasDem Surya Paloh berharap Anies Baswedan membentuk zaken kabinet jika terpilih menjadi presiden Indonesia berikutnya (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ingin Anies Baswedan membentuk zaken kabinet jika menjadi presiden Indonesia berikutnya.

Zaken kabinet adalah formasi pejabat pemerintah yang terdiri dari orang-orang ahli di bidangnya masing-masing. Bukan sekadar titipan partai atau kelompok tertentu.

"Politik apa yang mau kita kerjakan? Mau mendapatkan zaken kabinet yang kuat, soliditas, kekompakan, harmoni. Itu syarat utama yang enggak bisa ditawar," kata Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

Demi menciptakan kabinet yang kuat, Paloh juga memberikan keleluasaan kepada Anies untuk memilih calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pilpres 2024 mendatang.

Dia tidak ingin memaksakan seseorang yang nanti justru berpotensi tidak cocok dengan Anies.

"Jadi ketika kita yakin memilih calon presiden kita kita harus yakin juga beri kesempatan dia 'eh pilih wakil yang paling bagus untuk kamu, untuk bangsa ini'. Ini pikiran NasDem," kata Paloh.

Paloh menyampaikan itu semua usai mengumumkan Anies sebagai bakal calon presiden yang akan diusung NasDem di Pilpres 2024 mendatang.

Deklarasi disampaikan langsung oleh Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

"Kami yakin pikiran-pikiran dalam perspektif baik makro mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami titipkan perjalanan bangsa ke depan insyaallah jika Anies terpilih nantinya pimpin bangsa jadi bangsa lebih bermartabat," kata Paloh.

Akan tetapi, NasDem tidak bisa mendaftarkan capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). NasDem harus berkoalisi terlebih dahulu dengan partai politik lain agar syarat kepemilikan kursi DPR jadi terpenuhi.

Masa pendaftaran capres-cawapres 2024 juga baru akan dibuka pada 19 Oktober 2023 mendatang. Pemungutan suara dihelat pada 14 Februari 2024.

(bmw/gil)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER