Simulasi The Republic Institute: Anies-AHY Ungguli Puan-Ganjar di Jawa

tim | CNN Indonesia
Rabu, 05 Okt 2022 05:42 WIB
Hasil survei The Republic Institute menunjukkan pasangan Anies-AHY ungguli Puan-Ganjar dalam simulasi tiga calon capres dan cawapres di Pulau Jawa. Hasil survei The Republic Institute menunjukkan pasangan Anies-AHY ungguli Puan-Ganjar dalam simulasi tiga calon capres dan cawapres di Pulau Jawa. (CNN Indonesia/Thohirin).
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei The Republic Institute menunjukkan pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) unggul dalam simulasi tiga calon capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 di Pulau Jawa. Kedua pasangan itu mengalahkan pasangan Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Sementara itu, di urutan ketiga diduduki oleh pasangan Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Jika Pilpres 2024 terdapat 3 pasangan, pasangan Anies-AHY menduduki peringkat pertama dengan nilai 28,7 persen, Ganjar- Puan 27,6 persen dan Prabowo- Imin 22,4 persen," kata Peneliti utama The Republic Institute Sufyanto di Kemang, Jakarta pada Selasa (4/10).

Sufyanto menyebut Anies- AHY menjadi unggul jika Andika tidak dipasangkan dengan Puan atau ikut kontestasi Pilpres. Sebab, suara Andika akan bergeser ke Anies-AHY.

Sementara itu, Pasangan Ganjar-Puan mendapat persentase 27,6 persen lantaran pemilihnya masih di lumbung yang sama.

Berdasarkan sebaran lokasi peta politiknya, pasangan Anies- AHY unggul di daerah Banten. Di daerah itu mereka mendapat suara sebanyak 34,5 persen. Sementara Ganjar dan Puan hanya mendapat 22,1 persen.

Namun, di Yogyakarya, pasangan Anies- AHY kalah dibanding Ganjar-Puan. Di provinsi itu, Anies - AHY hanya mendapat 21,4 persen, sementara Puan- Ganjar 28,6 persen.

Survei ini dilakukan pada 28 Agustus - 12 September 2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Multistage Random Sampling.

Kriteria responden dalam survei ini adalah warga yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2019. Jumlah respondennya sebanyak 1.200 orang.

Adapun margin of error hasil survei ini adalah 2,8 persen. Menurut Sufyanto, peta pemilih di Pulau Jawa penentu peta politik nasional. Sebagaimana diketahui, penduduk Pulau Jawa merupakan terbanyak jika dibandingkan dengan pulau lainnya.

(yla/agt)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER