Ramai Beredar Info Tawaran Adopsi Bayi Yatim Korban Gempa Cianjur

CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 09:53 WIB
Beberapa unggahan medsos warga Cianjur menyuarakan informasi soal anak atau bayi yang menjadi yatim piatu akibat gempa Cianjur dan membutuhkan orang tua asuh. Sejumlah pengungsi akibat gempa bumi magnitudo 5,6 di tenda pengungsian Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Cianjur, CNN Indonesia --

Informasi mengenai adopsi bayi hingga anak-anak korban gempa Cianjur beredar luas di media sosial.

Beberapa unggahan media sosial warga Cianjur menyuarakan informasi adanya bayi yang menjadi yatim piatu akibat gempa Cianjur dan membutuhkan orang tua asuh. 

Pada status tersebut, mereka juga mencantumkan narahubung untuk nantinya memproses adopsi sang bayi bagi warga yang berminat.

Lilis Karlina (20) merupakan salah seorang warga yang berminat untuk mengadopsi anak bayi sebatang kara tersebut. Ia mengaku menerima informasi tentang adopsi bayi ini dari media sosial.

"Memang banyak banget informasi soal adopsi dari status WhatsApp, status Facebook. Lalu, aku bilang ke grup WhatsApp, kalau ada anak bayi yang perlu diadopsi dan orang tuanya sudah meninggal, boleh hubungi aku," kata Lilis saat dihubungi, Kamis (24/11).

"Insya Allah aku sama keluarga bakal ngerawat. Kasihan, mereka masih kecil-kecil," ujarnya.

Namun, perempuan yang tinggal di Kecamatan Cikalongwetan, Cianjur itu tetap menaruh kecurigaansoal validitas informasi yang beredar di media sosial tersebut.

Demi mengecek kebenarannya, Lilis mengaku ingin turun langsung ke lokasi terdampak di Cugenang untuk mencari bayi hingga anak-anak yang kehilangan orang tua akibat gempa tersebut.

"Aku kan memang belum ke lokasi. Jadi, nanti aku mau turun langsung ke posko-posko pengungsian untuk ngasih bantuan, sekaligus mau lihat-lihat. Siapa tahu memang banyak anak yang butuh diadopsi," ucapnya.

Sejaun ini CNNIndonesia.com telah meminta konfirmasi kepada kepala dinas sosial kabupaten Cianjur tetapi hingga berita ini yang bersangkutan belum merespons.

(mnf/isn)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER