Pembongkaran Ruang Baintelkam Berlanjut Usai Insiden Korsleting UPS

CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 11:54 WIB
Berdasrkan pantauan pada Jumat pagi, sejumlah petugas terlihat mengangkat barang-barang dari ruang Baintelkam di Mabes Polri. Proses pembongkaran barang di Baintelkam, Mabes Polri, usai insiden asap diduga kebakaran akibat korsleting UPS. (CNN Indonesia/ Yulia Adiningsih)
Jakarta, CNN Indonesia --

Proses pembongkaran ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) di Mabes Polri, Jakarta Selatan, tetap dilanjutkan usai dikepung asap karena terjadi korsleting pada baterai uninterruptible power supply (UPS) tadi malam, Kamis (24/11).

Sebelumnya, diduga terjadi kebakaran di area Baintelkam di Mabes Polri pada Kamis malam setidaknya dua kali hingga belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke sana. Belakangan diketahui asap yang timbul adalah dari baterai UPS yang mengalami arus pendek.

Baterai UPS yang mengalami korsleting itu pun telah dievakuasi pada Jumat (25/11) dini hari WIB.

Sementara itu, pada Jumat pagi ini, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pukul 9.40 WIB, sejumlah petugas terlihat tengah mengangkat barang-barang dari gedung tersebut. Beberapa barang yang diangkut di antaranya meja dan kursi.

Proses pembongkaran ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) tetap dilanjutkan usai dikepung asap karena terjadi korsleting pada baterai uninterruptible power supply (UPS) tadi malam, Kamis (24/11).Proses pembongkaran ruang Baintelkam di Mabes Polri tetap dilanjutkan usai dikepung asap karena korsleting UPS, Jumat (25/11). (CNN Indonesia/ Yulia Adiningsih)

Mereka memindahkan barang-barang itu ke mobil bak dan truk berwarna kuning. Sekitar pukul 9.43 WIB, mobil itu pergi dari kawasan Mabes Polri.

Salah satu petugas menyampaikan insiden korsleting tersebut tidak berdampak terhadap proses pembongkaran gedung. Sebab, insiden itu hanya letupan, bukan kebakaran.

Pemindahan kemungkinan akan dilakukan hingga besok, Sabtu (25/11). Pembongkaran dilakukan untuk peremajaan gedung.

Kepala Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri Yudi Sulistiyanto sebelumnya menyebut insiden tersebut diakibatkan oleh korsleting UPS.

Yudi pun menjelaskan kronologi peristiwanya. Menurutnya baterai UPS korslet sekitar pukul 20.00 saat ruangan dalam proses pembongkaran. Saat itu, kata Yudi, tidak ada barang satu pun kecuali baterai UPS.

Lebih lanjut, dia mengatakan kepulan asap terlihat banyak karena ruangan dalam kondisi tertutup. Namun demikian, Yudi memastikan kondisi di itu sudah teratasi.

Yudi menuturkan petugas pemadam kebakaran (damkar) langsung turun ke lokasi untuk membantu mengeluarkan asap dari dalam gedung.

(yla/kid)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER