Jokowi Janji Bangun Dayak Center di IKN Nusantara

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 17:32 WIB
Presiden Jokowi berjanji membangun 'Dayak Center' di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Presiden Jokowi berjanji membangun 'Dayak Center' di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo berjanji membangun 'Dayak Center' di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Janji itu ia sampaikan merespons permintaan suku Dayak.

Jokowi mengatakan 'Dayak Center' menjadi bentuk terima kasih Jokowi ke suku Dayak karena mendukung pembangunan ibu kota negara baru.

"Nanti juga atas permintaan dari Suku Dayak, ada Dayak Center juga akan segera ditentukan lokasinya," kata Jokowi di Pontianak, dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Selasa (29/11).

Jokowi menyampaikan pembangunan IKN Nusantara telah dimulai. Pembangunan dimulai dari kawasan inti pusat pemerintahan.

Dia menyebut istana presiden, istana wakil presiden, serta gedung-gedung kementerian akan mulai dibangun Desember 2022. Sejumlah infrastruktur penting juga akan dirampungkan awal 2023.

"Untuk IKN ini kita sudah memulai (pembangunan) untuk infrastrukturnya, dam untuk suplai air baku ke IKN sudah, selesai Januari. Infrastruktur untuk yang kawasan inti sudah dimulai," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi meminta restu kepada Suku Dayak untuk membangun IKN Nusantara di tanah mereka.

Permintaan itu ia sampaikan pada pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkulerajakng. Di lokasi, warga menyatakan mendukung pembangunan IKN.

Saat ini, sesuai ketentuan undang-undang, IKN dipimpin Kepala Otorita. Jokowi telah menunjuk Bambang Susantono untuk mengisi posisi tersebut.

(dhf/tsa)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER