Fitur JakLingko di JAKI Bikin Mudah Warga Naik Transjakarta hingga MRT

JSC | CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 17:27 WIB
Pemprov DKI menambahkan fitur baru pada aplikasi JAKI, yakni JakLingko yang memudahkan masyarakat menggunakan banyak transportasi umum di Jakarta. Ilustrasi JAKI. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakan transportasi umum. Salah satunya dengan menambahkan fitur baru di aplikasi JAKI.

Fitur baru di JAKI tersebut, yakni JakLingko. Fitur ini menampilkan mulai dari rute, tarif, hingga jadwal tiga moda transportasi di Jakarta, yakni Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Raya Terpadu (LRT), Transjakarta, hingga Mikrotrans.

Fitur yang dirilis pada Agustus 2022 dibuat untuk mempermudah masyarakat menggunakan transportasi umum di Jakarta untuk mencapai suatu tujuan. Di mana fitur ini mempermudah masyarakat yang belum hafal rute dan jadwal dari setiap moda transportasi.

Dengan demikian, fitur JakLingko di aplikasi JAKI kian mendukung pemanfaatan transportasi umum di Jakarta. Sebab masyarakat bisa cek setiap moda transportasi umum di Jakarta dengan satu aplikasi.

Adapun pengembangan fitur JakLingko melibatkan kerja sama dari berbagai pihak. Seperti Jakarta Smart City sebagai pengembang sistem, PT MRT Jakarta, PT Kereta Api Indonesia, dan PT Transportasi Jakarta.

Sehingga fitur ini terintegrasi dengan sistem dari masing-masing moda transportasi. Kemudian, informasinya bisa dijamin kebenarannya, termasuk jika ada perubahan rute, jadwal, ataupun tarif armada.

BNR JSC(Foto: Arsip JSC.)


Berikut Cara Mengecek Informasi Transportasi Umum via JakTransport

Sebelum mengakses, pastikan aplikasi JAKI sudah diunduh. Aplikasi ini bisa diunduh Google Play Store ataupun Apple App Store. Setelah aplikasi terpasang berikut langkahnya.

1. Buka JAKI.
2. Klik fitur JakLingko.
3. Pilih transportasi umum yang ingin kamu akses informasinya.
4. Selesai. Laman akan menampilkan informasi serta jam operasional, tarif maksimal, jadwal, rute atau koridor pada masing-masing moda transportasi.

Sebagai contoh untuk opsi Transjakarta. Masyarakat bisa memilih halte yang diinginkan. Misalnya memilih halte Monas, maka akan tampil informasi koridor yang melintas termasuk koridor 1 (Blok M - Kota) dan 6B (Monas-Ragunan via Semanggi) serta estimasi kedatangan bus.

Sekadar informasi, Transjakarta kembali beroperasi pada malam hari sejak Senin, 12 September lalu di 13 koridor. Artinya, Transjakarta beroperasi penuh 24 jam setiap harinya untuk melayani penumpang.

(osc/osc)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER