Komisi I DPR Belum Pastikan Jadwal Uji Kelayakan Panglima TNI

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 17:56 WIB
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan untuk jadwal uji kepatutan dan kelayakan calon panglima TNI masih menunggu dari Badan Musyawarah DPR. Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid. (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid belum dapat memastikan jadwal uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan pihaknya akan melakukan fit and proper test terhadap Yudo pada Rabu (30/11).

Namun, kekinian, Meutya menyebut pihaknya masih menunggu keputusan Badan Musyawarah (Bamus) para pimpinan DPR sebelum menyerahkannya kepada Komisi I DPR.

"Karena itu kami harus menunggu Bamus. Setelah Bamus menugaskan Komisi I, insyallah Komisi I langsung siap mengadakan fit and proper test calon Panglima TNI," kata Meutya dalam keterangannya, Selasa (29/11).

Politikus Partai Golkar itu menyebut pihaknya masih memiliki waktu 20 hari hingga masa pensiun Jenderal Andika Perkasa pada 21 Desember mendatang.

Namun, Meutya memastikan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Yudo akan digelar sebelum masa reses anggota dewan pada 16 Desember. Dalam rangkaian uji tersebut, Komisi I sekaligus akan mendatangi kediaman Yudo.

"Kita melakukan segera setelah FnP kami belum mengadakan rapat internal Komisi I, tapi kemungkinan besar hal itu dilakukan juga sama," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan para pimpinan saat ini sedang mencari waktu untuk menggelar rapat pimpinan (rapim). Namun, Dasco menyebut rapim bamus kemungkinan baru bakal digelar pekan depan.

Sehingga, dengan perkiraan waktu tersebut, Dasco menyebut fit and proper test Yudo tak bakal digelar pada pekan ini.

"Kalau pekan ini sudah tidak mungkin. Karena kan sudah Selasa sekarang. Kamis itu kelihatannya enggak ada rapim sama bamus," katanya.

Sebelumnya, kepada wartawan di DPR, TB Hasanuddin mengatakan rencananya fit and proper test Yudo digelar Rabu nanti.

"Rencananya Rabu kita akan uji kelayakan," kata politikus PDIP itu, Senin (28/11).

TB Hasanuddin mengatakan hasil uji kelayakan itu nantinya akan diserahkan ke pimpinan DPR. Kemudian, DPR akan menggelar rapat paripurna pada Kamis (1/12) sebagai persetujuan atau tidaknya penunjukan Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

"Rapur (rapat paripurna) selesai dan dikembalikan ke presiden nama yang disepakati jadi Panglima," kata dia.

(thr/kid)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER