Ganjar Bicara Rambut Putih: Gara-gara Presiden Saya Jadi Tertuduh

CNN Indonesia
Rabu, 30 Nov 2022 20:25 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons pernyataan Presiden Joko Widodo soal kode capres yang menyebut ciri pemimpin rambut putih dan berkerut. Ganjar Pranowo berulang membicarakan soal ciri pemimpin rambut putih yang disebut Jokowi (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons pernyataan Presiden Joko Widodo soal kode capres yang menyebut ciri pemimpin rambut putih dan wajah berkerut.

Ganjar merasa banyak pihak mengarahkan ciri tersebut kepadanya. Ia pun berkelakar orang yang memiliki ciri tersebut sangat banyak termasuk Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang duduk di sebelahnya.

"Tiba-tiba saya tertuduh si rambut putih, wah gimana? wong yang rambut putih banyak. Mas Emil saja masih muda udah berkerut, kan bukan saya," ujar Ganjar di Acara Wealth Wisdom 2022, di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (30/11).

Dalam acara tersebut, Ganjar pun berulang membicarakan soal rambut putih dan wajah berkerut. Saat pembawa acara menanyakan kabar, Ganjar kembali menyinggung rambut putih.

"Pak Ganjar gimana kabarnya pak?" tanya sang pembawa acara.

"Kabar saya rambutnya tetap putih, kenapa musti ditanyakan rambutnya hitam gitu, ya?" katanya.

Bahkan, ia sempat menunjuk salah seorang hadirin yang tidak berambut dan menyebutnya terlalu banyak memikirkan rakyat.

"Itu malah enggak ada rambutnya itu, kebanyakan mikirin rakyat ya ketahuan he he," ujarnya.

Saat seorang peserta menanyakan gagasannya ketika maju menjadi capres, 'rambut putih' kembali dibahas. Ganjar justru enggan berkomentar tentang pertanyaan gagasan tersebut dan melempar kesempatan bertanya kepada peserta lain.

"Nanti saja jawabannya, silahkan yang di sini," ujar Ganjar sembari tersenyum.

"Gara-gara Pak Presiden bilang itu kan, beredar orang orang wajahnya berkerut, dan pakai berambut putih. Jadi apakah itu Ganjar atau bukan, jadi tertuduh saya," ucapnya.

"Saya mau tanya disini yang follow IG saya angkat tangan, adakan foto rambut saya hitam?, jawaban nya sudah jelas," tambahnya.

Semua bermula saat Presiden Jokowi di acara relawan bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu lalu (26/11) sempat menyinggung soal kriteria pemimpin dengan berambut putih.

"Dari penampilan kelihatan, banyak kerutan karena mikirin rakyat, ada yang rambutnya putih semua, ada itu. Kalau wajah cling dan tak ada kerutan di wajah hati hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua, ini mikirin rakyat," kata Jokowi.

Berdasarkan ciri yang disebutkan Jokowi, banyak pihak yang mengarahkan telunjuk ke sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang digadang-gadang kuat akan maju pada 2024.

Ganjar sempat mengunggah swafoto dirinya yang berambut hitam usai ramai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal sosok berambut putih yang dinilai merupakan pemimpin yang memikirkan rakyat.

Dalam foto yang ia bagikan melalui akun instagram pribadinya @ganjar_pranowo, Ganjar tampak tampil beda dari penampilan sebelumnya yang identik dengan rambut putih.

"Cukur," kata Ganjar, Minggu (27/11).

"Kamu punya tips merawat wajah dan rambut?" imbuhnya.

(mnf/isn)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER