12 Korban Gempa Cianjur Masih Hilang, Basarnas Perpanjang Pencarian

CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 07:28 WIB
Titik pencarian akan fokus di longsoran Warung Sate Sinta, Desa Cijedil, dan Kampung Cicadas selama tiga hari ke depan. Masih ada 13 korban yang dinyatakan hilang akibat gempa yang mengguncang wilaya Cianjur, Jawa Barat (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Basarnas kembali memperpanjang operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban yang diduga masih tertimbun imbas gempa Cianjur pada Senin (21/11) lalu.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril menjelaskan perpanjangan operasi dilakukan lantaran sampai saat ini tercatat ada 12 korban yang masih dilaporkan hilang. Jumeril mengatakan perpanjangan pencarian bakal dilakukan hingga Sabtu (3/12) mendatang.

"Pencarian akan diperpanjang hingga 3 hari ke depan mengingat korban yang masih banyak dan masih terdapat tanda-tanda penemuan korban," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12).

Adapun titik pencarian akan fokus di longsoran Warung Sate Sinta, Desa Cijedil, dan Kampung Cicadas. Jumaril menjelaskan tingginya material longsoran, cuaca buruk, hingga masih terjadinya gempa susulan menjadi kendala utama proses pencarian di lapangan.

Menurutnya seluruh kondisi itu membuat upaya pencarian menjadi riskan lantaran dikhawatirkan akan memicu longsor susulan.

"Oleh karenanya Basarnas sudah menempatkan safety officer di setiap area untuk memantau pergerakan yang sekiranya membahayakan Tim SAR gabungan," kata dia.

Berdasarkan data per Rabu (30/11), BNPB menyebut total korban dalam bencana tersebut telah mencapai 328 jiwa. Sementara 12 warga dikabarkan masih hilang imbas gempa berkekuatan magnitudo 5,6 tersebut.

(tfq/bmw)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER