Pertemuan KIB, Zulhas PAN Ungkap Airlangga Hartarto Capres Prioritas

CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 07:54 WIB
Ketum PAN Zulkifli Hasan menilai Airlangga Hartarto menjadi capres prioritas dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pilpres 2024. Pertemuan KIB, Ketum koalisi bahas capres cawapres menjelang Pilpres 2024. CNNIndonesia/Thohirin
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas menilai Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi calon presiden (Capres) prioritas dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pilpres 2024.

Hal itu dia sampaikan usai bertemu dengan dua Ketum Parpol Golkar Airlangga Hartarto dan Plt Ketum PPP Mardiono di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11) malam.

"Kalau ketua umum partai politik enggak berani nyapres terus bagaimana? demokrasi kita bagaimana? Oleh karena itu prioritas ya tentu Golkar sebagai pemenang pemilu nomor dua, pak Airlangga prioritas ya pantas layak pemenang pemilu nomor dua untuk jadi capres," kata Zulhas.

Setelah Airlangga, Zulhas menyampaikan dirinya dan Mardiono turut menjadi figur nomor dua dan tiga untuk diusung sebagai capres. Tapi, Zulhas tak menutup peluang bagi figur-figur di luar KIB lain yang bakal diusulkan oleh parpol baru calon anggota KIB.

"Tentu ada juga yang teman-teman dari luar yang sudah beredar nama-nama tentu itu akan menjadi pertimbangan bagi kita. Tapi prioritas tentu kedua partai" kata dia.

Di sisi lain, Zulhas turut menyinggung kriteria pemimpin berambut putih dan banyak kerutan di wajah seperti disampaikan Presiden Jokowi. Ia mengklaim ketum masing-masing parpol di KIB masuk kriteria tersebut.

"Banyak lihat aja tuh pak Airlangga kerutan semua tuh wajahnya ya, Pak Mardiono juga. Kalau saya enggak rambut putih tapi jenggotnya putih, lebih sakti," kata Zulhas.

Di tempat yang sama, Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono mengatakan kriteria calon presiden dan wakil presiden dari KIB sudah mulai mengerucut.

"Jadi itu mungkin tadi yang didiskusikan oleh KIB ini, kemudian sudah semakin mengerucut yaitu kriteria-kriteria para capres dan cawapres," kata Mardiono.

Meski demikian, dia tidak menjelaskan kriteria yang dimaksud. Mardiono menyebut PPP selama ini terus menyerap aspirasi dari sejumlah elemen dan kader terkait sosok capres. Hasil masukan dan aspirasi tersebut juga telah disampaikan dalam pertemuan tersebut.

"Dan ada perkembangan yang signifikan bagi masa depan pemilu yang akan kita selenggarakan nanti pada 2024 yang akan datang," kata dia.

(rzr/thr/DAL)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER