Erick Thohir Hingga Luhut Ikut 'Sibuk' Urus Pernikahan Kaesang-Erina

kum | CNN Indonesia
Minggu, 04 Des 2022 11:17 WIB
Sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo turun tangan mengurus persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Yogyakarta. Sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo turun tangan mengurus persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Yogyakarta. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Yogyakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan mengurus persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang rencananya dilangsungkan, Sabtu (10/12) mendatang.

Keterlibatan para menteri mulai terlihat sejak mendampingi Jokowi mengecek Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo di Kecamatan Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, sebagai salah satu alternatif venue akad nikah putra bungsu sang presiden, Minggu (16/10) silam.

Beberapa menteri yang tampak di lokasi dan ikut meninjau kala itu antara lain Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Investasi Bahlil Lahadiala.

Semalam sebelumnya, keluarga dari Erina juga telah menggelar acara silaturahmi di Masjid Al Hidayah, Kampung Purwosari RT 3 RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman, yang merupakan tempat tinggal calon mempelai perempuan.

Nampak hadir dalam acara tersebut selain keluarga besar Erina, yakni Mensesneg Pratikno dan istri, serta pemuda dan warga kampung setempat.

Paman Erina, Muhaimin tak menyangkal agenda ini merupakan bagian dari persiapan pernikahan keponakannya dengan Kaesang.

"Kita ngomong-ngomong aja. Santai-santai, dahar (makan) bakso, dan alhamdulillah yang kami sampaikan sudah disampaikan oleh Pak Pratikno, sehingga kami sendiri terbantu lah dalam persiapan," kata Muhaimin, Sabtu (15/10) malam.

Sementara Erick Thohir berdalih telah menganggap Kaesang seperti keponakannya sendiri usai muncul menyusul sorotan publik terhadap dirinya yang seorang menteri, namun disibukkan sebagai Ketua Pelaksana Pernikahan Kaesang-Erina.

Erick menyampaikan Kaesang juga seumuran dan sangat dekat dengan anak Erick, Aga Thohir, yang sama-sama tengah membangun dan mengembangkan Persis Solo. Sebagai sebuah keluarga, ucap Erick, sudah sepantasnya ia membantu Kaesang dalam mempersiapkan hari istimewanya.

"Tapi kadang-kadang orang senang membangun persepsi Menteri BUMN sibuk (ngurusin pernikahan), itu keliru. Bagi saya, Kaesang sudah jadi keponakan sendiri, ya saya dengan senang hati membantu," ujar Erick usai gladi pernikahan di Puro Mangkunegaran, Solo, Minggu (27/11).

Sekitar sepekan sebelumnya, Erick bersama, Bahlil, dan Pratikno juga sudah meninjau lokasi yang rencananya dijadikan tempat tasyakuran itu, Minggu (20/11) silam.

Terbaru, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan terpantau menyambangi kediaman calon besan Jokowi di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Sabtu (3/12) sore. Ini bukan momen pertama baginya setelah Mantan elite Kopassus itu juga pernah terlihat di lokasi yang sama pada 23 Oktober lalu.

Luhut tiba di lokasi sekitar pukul 16.51 WIB dengan menumpang mobil Toyota Alphard bernomor polisi RI 17 bersama calon besan Jokowi yaitu Sofiatun Gudono, ibunda Erina.

Dia tak berlama-lama di rumah Erina. Kurang lebih pukul 16.55 WIB, Luhut sudah berpamitan dan enggan memberikan komentar kepada awak media menyangkut agendanya di Sleman kali ini.

Pakde Erina yang ditemui setelahnya mengatakan bahwa kedatangan Luhut ini hanya sebatas memonitor kesiapan acara pernikahan Kaesang-Erina yang tinggal hitungan hari.

"Pak Luhut sebagai penasihat kan tentu memonitor, apakah stafnya berjalan dengan baik kerjanya. Sudah, alhamdulillah baik, sudah. Iya, cuma ngecek aja, sudah sesuai dengan laporan antara fisik dengan laporan sesuai. Hanya gitu," kata Muhaimin.

Di luar agenda persiapan, KUA Depok mengonfirmasi Mensesneg Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bakal jadi saksi pernikahan masing-masing calon mempelai nantinya.

Adapun rangkaian prosesi pernikahan keduanya dimulai sejak tanggal 8 Desember 2022 diawali dengan agenda pengajan. Kemudian upacara adat pra-pernikahan midodareni keesokan harinya yang juga bakal dihadiri Presiden Jokowi.

(kum/rds)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER