Polda Metro Terapkan Lagi Tilang Manual, Khusus Pelat Palsu & Knalpot

CNN Indonesia
Selasa, 06 Des 2022 20:37 WIB
Ditlantas Polda Metro Jaya kembali menerapkan tilang manual. Namun, penindakan ini hanya diterapkan untuk pelanggaran tertentu. Polda Metro Jaya kembali melakukan tilang manual khusus pada pelanggar pelat nomor dan knalpot serta balap liar (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ditlantas Polda Metro Jaya kembali menerapkan tilang manual. Namun, penindakan ini hanya diterapkan untuk pelanggaran tertentu.

"Untuk tilang manual diberlakukan, untuk yang memalsukan nomor polisi dan melepas nomor polisi serta balap liar dan knalpot brong gitu," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dihubungi, Selasa (6/12).

Disampaikan Latif, penilangan manual untuk beberapa pelanggaran ini dilakukan seperti penindakan yang dilakukan sebelum-sebelumnya.

"Seperti biasa, dihentikan, kita tilang, mereka kan memalsukan pelat nomor," ucap Latif.

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melarang seluruh polisi lalu lintas untuk melakukan penilangan manual terhadap para pengendara.

Instruksi ini tercantum dalam surat telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, per tanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri.

Dalam telegram tersebut, jajaran polisi sabuk putih diminta untuk mengedepankan penindakan melalui tilang elektronik (ETLE), baik statis maupun Mobile.

"Penindakan pelanggaran lalu lintas tidak menggunakan tilang manual. Namun hanya dengan menggunakan ETLE baik statis maupun mobile dan dengan melaksanakan teguran kepada pelanggar lalu lintas," tulis instruksi dalam poin nomor lima surat telegram tersebut.

(dis/isn)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER