Vaksinasi Booster Kedua di Jatim Tersedia Mulai Besok

CNN Indonesia
Senin, 23 Jan 2023 20:30 WIB
Gubernur Jatim Khofifah mengatakan vaksin tersebut bisa diakses masyarakat di fasilitas layanan kesehatan terdekat, seperti rumah sakit dan puskesmas. Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas secara gratis mulai Selasa (24/1) besok. Ilustrasi (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Surabaya, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas secara gratis mulai Selasa (24/1) besok.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan vaksin tersebut bisa diakses masyarakat di fasilitas layanan kesehatan terdekat, seperti rumah sakit dan puskesmas.

"Alhamdulillah di Jatim, kami selalu siap untuk memberikan layanan kesehatan terutama untuk penanganan Covid-19," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin (23/1).

Khofifah mengimbau wali kota dan bupati supaya segera mempercepat persiapan vaksinasi booster kedua ini. Menurutnya, pemberian booster kedua ini harus sampai ke tingkat kelurahan.

Sebagai informasi, pemberian vaksinasi Covid-19 booster kedua tersebut diberikan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi booster pertama dilaksanakan.

Jenis vaksin yang digunakan untuk booster kedua ini sudah mendapat izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jatim dr Erwin Astha mengaku segera melakukan koordinasi dengan dinkes kabupaten/kota untuk menyiapkan berbagai logistik dan fasilitas kesehatan yang diperlukan.

Selain itu, Dinkes Jatim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum melalui fasilitas terdekat supaya booster kedua itu bisa segera diterima.

"Vaksinasi booster kedua ini bermanfaat untuk memperkuat antibodi yang sudah terbentuk sehingga bisa memperpanjang perlindungan tubuh terhadap Covid-19 terutama terhadap munculnya varian-varian yang baru," ujarnya.

(frd/fra)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER