PDIP Soal Peluang Gibran Jadi Cagub di 2024: Belum Ada Penilaian

CNN Indonesia
Senin, 23 Jan 2023 22:36 WIB
Arif Wibowo mengatakan PDIP belum buat penilaian terkait cagub. Hal itu jadi jawaban ketika ditanya peluang Gibran jadi Cagub di Pilkada 2024. Arif Wibowo mengatakan PDIP belum buat penilaian terkait cagub. Hal itu jadi jawaban ketika ditanya peluang Gibran jadi Cagub di Pilkada 2024. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDIP Arif Wibowo menyatakan belum ada penilaian terkait sosok yang memenuhi syarat untuk diusung jadi calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pernyataan itu disampaikan Arif saat menjawab pertanyaan, peluang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memenuhi syarat untuk diusung menjadi cagub di Pilkada 2024.

"Belum ada penilaian, belum ada assessment," kata Arif saat menjadi narasumber dalam acara Political Show di CNN Indonesia TV, Senin (23/1).

Ia menerangkan PDIP sama sekali belum membicarakan Pilkada 2024. Arif mengatakan fokus PDIP saat ini adalah memenangkan kontestasi Pileg 2024 lebih dahulu.

Tak hanya itu, pihaknya juga masih menunggu keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait sosok yang bakal diusung sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

"Menyangkut Pilpres kami masih menunggu keputusan Ibu Mega," ujar dia.

Menurutnya, pembicaraan tentang Pilkada 2024 dilakukan di masa mendatang, termasuk penilaian terhadap seluruh calon kepala daerah potensial terkait loyalitas, dedikasi, serta kesetiaan pada partai

"Juga menyangkut apakah visi partai dijalankan maksimal atau tidak, karena seperti yang dikatakan juga tadi sebagai contoh positif ketika Gibran katakan akan siap jika ada penugasan itu artinya memosisikan diri sebagai petugas partai," katanya.

"Maka siapa pun yang mendapatkan perintah partai ya harus menjalankan perintah partai itu," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



Arif menyatakan berdasarkan data dan laporan yang pihaknya terima menunjukkan bahwa Gibran bekerja dengan baik selama menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Namun, menurutnya, partainya belum membicarakan terkait penugasan yang bakal diberikan kepada Gibran di hari mendatang.

"Gibran sebagai Wali Kota Solo bekerja dengan baik. Tetapi itu akan kami putuskan sampai sejauh mana sosok Gibran, apakah akan tetap jadi Wali Kota Solo, atau jadi Gubernur Jawa Tengah, atau Gubernur DKI [Jakarta], atau mungkin mendapat penugasan lain, itu belum sama sekali tidak ada pembicaraan di DPP," ucapnya.

Sebelumnya, Gibran mengaku siap jika diusung menjadi calon gubernur di Pilkada 2024 mendatang. Putra Jokowi itu siap jika memang dipercaya oleh Megawati menjadi cagub.

"Ya saya sih siap, tapi nunggu Bu Ketua Umum dulu ya. Sekali lagi saya ini masih belajar, masih perlu banyak masukan-masukan beliau-beliau senior," kata Gibran.

(mts/chri)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER