Gibran soal Andai Kaesang Ingin Maju di Solo: Sowan ke FX Rudy Dulu

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 16:01 WIB
Meski tak tahu kemana langkah politik Kaesang, Gibran mengatakan bila ingin Pilwalkot Solo sebaiknya sowan dulu ke Fx Rudy. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung Presiden RI Joko Widodo. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Solo, CNN Indonesia --

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menasihati adiknya, Kaesang Pangarep, jika ingin maju di Pilwalkot Solo sebaiknya sowan dulu ke FX Hadi Rudyatmo (FX Rudy).

FX Rudy adalah Wali Kota Solo sebelum Gibran, dan dia juga merupakan kader senior PDIP di kota asal Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu.

Pesan dari putra sulung Jokowi itu disampaikan ketika ditanya langkah politik yang akan diambil Kaesang selaku adik bungsunya tersebut.

Gibran mengaku tidak akan mengintervensi keputusan adiknya di bidang politik. Ia memberi kebebasan penuh kepada Kaesang untuk memilih partai dan daerah yang akan menjadi medan pertarungannya nanti.

"Kaesang aja yang memutuskan. Beda partai boleh, sama boleh, independen boleh. Semua bagus. Tergantung de'e ngko milih kota apa ya (dia nanti memilih kota apa)," kata Gibran menjawab wartawan usai groundbreaking Museum Budaya, Sains dan Teknologi Bengawan Solo, Rabu (25/1).

Gibran hanya berpesan agar Kaesang menemui mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang juga kader senior PDIP di Solo bila ingin maju di Pilwalkot di sana.

"(Kalau di Solo) Ya Kaesang kon sowan ke Pak Rudy sik no (Kaesang harus menemui Pak Rudy dulu)," kata pria yang juga kader PDIP itu.

Dalam kesempatan tersebut, sebelumnya Gibran menjawab hasrat Kaesang saat terjun ke politik adalah untuk menduduki jabatan eksekutif.

"Eksekutif," jawab Gibran atas pertanyaan wartawan.

Jika itu terjadi, Kaesang akan mengikuti langkah Gibran dan ipar mereka Bobby Nasution (Wali Kota Medan).

Gibran sendiri berpeluang besar untuk maju di Pemilihan Gubernur 2024 mendatang. Praktis, ia tidak akan melanjutkan jabatannya sebagai Wali Kota Solo di periode mendatang.

Saat ditanya mengenai kemungkinan Kaesang meneruskan kepemimpinannya, Gibran enggan menjawab.

"Yo ra ngerti (Ya nggak tahu). Tekono (tanyakan) Kaesang," katanya.

Keluarga Kaget

Girbran mengaku pengakuan Kaesang soal ketertarikannya untuk terjun di politik itu sempat mengagetkan keluarga presiden dua periode tersebut. Namun Gibran tetap mendukung langkah anak bungsu Jokowi itu.

"Saya juga bingung. Bingung dan agak shock. Tapi intinya saya mendoakan yang terbaik untuk Kaesang ya. Nanti penilaian warga seperti apa ya silakan," katanya.

Gibran juga menilai Kaesang memiliki potensi besar sebagai pemimpin. Salah satunya sebagai Direktur Utama Persis Solo. Menurut Gibran, sejak dipimpin Kaesang, Persis Solo mengalami kemajuan yang cukup signifikan.

"Tapi sekali lagi, Kaesang itu sudah pernah saya kasih tugas dan berjalan dengan baik. Contone Persis [klub sepak bola Persis Solo] itu lho. Itu portofolio-ne Kaesang," kata Gibran.

(syd/kid)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER