PKS soal Sodetan Ciliwung: Heru Lanjutkan yang Sudah Dikerjakan Anies

CNN Indonesia
Kamis, 26 Jan 2023 07:19 WIB
PKS menyatakan Anies Baswedan telah membuka proses pembebasan lahan kepada warga untuk bisa dilanjutkan dengan tidak ada pihak yang dirugikan. Anies Baswedan saat meninjau sungai Ciliwung. CNN Indonesia/Hesti Rika
Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Dedi Supriadi mengatakan apa yang dikerjakan Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono dalam proyek Sodetan Ciliwung merupakan lanjutan dari yang dikerjakan Anies Baswedan saat menjabat gubernur.

"Pak Heru tinggal melanjutkan apa yang sudah dibuka simpul di pemerintahan Gubernur Anies 2017-2022," kata Dedi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (25/1).

Menurut Dedi, pembebasan lahan untuk sodetan sudah berpolemik sejak 2015, saat itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok digugat warga soal pembebasan lahan di Bidara Cina.

Pengadilan memenangkan warga. Proses berlanjut hingga Pemprov mengajukan kasasi.

"Jadi saat Pak Anies jadi Gub, lahan ini status quo, enggak bisa diapa-apakan karena sedang berperkara di MA," kata dia.

Pada 2019, Anies, kata dia, mencabut kasasi dan menerima putusan pengadilan. Anies lalu membentuk tim pengadaan tanah untuk Sodetan Ciliwung.

"Ini agar proses pembebasan lahan kepada warga bisa dimulai lagi dengan tidak ada pihak yang dirugikan. Alhamdulillah, proses berjalan lancar dan Pak Heru tinggal melanjutkan," katanya.

Presiden Jokowi sebelumnya memuji Heru yang dinilai mampu membebaskan lahan pembangunan sodetan dari Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT).

Jokowi kaget Heru bisa melakukan pembebasan lahan, padahal proyek itu menurut Jokowi sempat terkendala selama enam tahun.

"Pembebasan (kendala), tadi saya sampaikan. Saya juga kaget, dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru, saya enggak tau pendekatannya apa, tapi selesai. Makanya saya ke sini tadi karena udah selesai," kata Jokowi usai meninjau sodetan, Selasa (24/1).

(yoa/ain)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER