Kejuaraan Evian

Pegolf Remaja Korsel Kagetkan Dunia

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 15/09/2014 11:50 WIB
Pegolf Remaja Korsel Kagetkan Dunia Turnamen golf Evian dimenangkan oleh remaja berusia 19 tahun dari Korea Selatan, Kim Hyo-Joo
Évian-les-Bains, CNN Indonesia -- Remaja Korea Selatan, Kim Hyo-Joo mencatatkan kemenangan mengesankan di Kejuaran Evian untuk merebut gelar juara dari tangan pegolf Australia, Karrie Webb.

Webb yang sedang mengincar gelar mayor ke delapan, namun yang pertama sejak 2006, unggul terlebih dahulu sebelum memasuki lubang terakhir, atau lubang ke-18. Namun, Webb gagal pada pukulan terakhirnya dari jarak 12 kaki dan malah mencatatkan dua pukulan tambahan.

Di lubang terakhir ini, Webb mencatatkan hasil bogey dan total lima pukulan.


Hasil ini kontras dengan yang dicatatkan Kim. Pegolf berusia 19 tahun yang bermain di turnamen mayor pertamanya itu tidak menunjukkan tanda-tanda kegugupan.

Ia pun mampu mencatatkan birdie (kurang satu pukulan dari yang seharusnya) dari jarak 15 kaki dan mengumpulkan nilai total 273, sebelas lebih sedikit dari  ukuran seharusnya.

Kemenangan ini menjadikan Kim Hyo-Joon sebagai pegolf kemuda ketiga yang pernah memenangkan turnamen mayor, setelah Morgan Pressel dan Lexi Thompson.

Berbicara dibantu oleh penerjemah, Kim menambahkan: "Saya terbang tinggi seperti burung."

Jika saja Webb memenangkan turnamen ini, maka ia seharusnya akan jadi pegolf pertama yang memenangkan enam gelar mayor berbeda. Pegolf berusia 39 tahun itu berkata bahwa ia salah memperkirakan pukulan pertamanya pada area terakhir (green).

"Ketika saya akan memukul, saya merasakan aliran adrenalin, sehingga pukulan saya lebih cepat dari yang seharusnya. Itu pukulan yang sangat buruk," ujar Webb.

"Padahal saya melakukan banyak pukulan bagus. Hal ini tentu saja mengecewakan, tapi saya telah berusaha untuk menciptakan banyak kesempatans."

Hyo-Joo sendiri sempat mengagetkan dunia pada hari pertama. Kala itu, ia mencatatkan poin 61, atau sepuluh pukulan lebih sedikit dari yang seharusnya. Pada hari terakhir turnamen Perancis ini, ia mencatatkan nilai 68 untuk meraih hadiah juara pertama senilai €350 ribu (US$487 ribu).

Di hari terakhir, Webb juga mencatatkan poin 68 (10-under), dan dua pegolf Korea Selatan lainnya, Jang Ha-Na (66) dan Hur Mi Jung (68) di tempat ketiga dengan sembilan pukulan lebih sedikit dari seharusnya.

Korea Selatan mendominasi turnamen ini dengan menempatkan satu pegolf lainnya di papan atas, yaitu Choi Na Yeon. Meraih peringkat kelima, ia mencatatkan delapan pukulan lebih baik dari seharusnya, dan meraih poin 67 pada hari terakhir.

Ini bukan pertama kali Kim Hyo-Joon mencuri perhatian dunia golf. Di turnamen Master Evian 2012, kompetisi terakhir sebelum menjadi turnamen mayor, pun ia mampu menyelesaikan turnamen pada posisi keempat, meski bermain sebagai amatir.

Pada 2013 ia mendapatkan gelar Pemain Baru Terbaik Tahun Ini (Rookie of The Year) pada Tur Korea dan juga telah memenangkan tiga gelar pada musim 2014. (vws/vws)


ARTIKEL TERKAIT