F1 GP Rusia

Kisah Balapan dari Pinggir Laut Hitam

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 13/10/2014 14:29 WIB

Sochi, CNN Indonesia -- Untuk pertama kalinya Rusia menjadi tuan rumah ajang balapan Formula Satu. Ajang ini dihadiri oleh presiden Vladimir Putin yang juga menyerahkan piala.

Pebalap Jerman, Sebastian Vettel, dalam sesi latihan terbuka di Grand Prix Rusia. Pada 26 Agustus lalu, Vettel menjadi pebalap pertama yang menjajal sirkuit yang baru dibangun pada 2010 lalu. (Reuters/Maxim Shemetov)
Sempat ada isu tentang pemboikotan Formula 1 dan juga Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan di Rusia, saat terjadi tragedi jatuhnya maskapai penerbangan Malaysia di perbatasan Rusia-Ukraina. Formula 1 sendiri akrab dengan kontroversi, dengan Ecclestone tetap mengizinkan adanya GP Bahrain ketika terjadi konflik di negara tersebut. (Reuters/Alexei Nikolskyi)
Sirkuit Sochi dibangun dengan mengelilingi tempat-tempat diselenggarakannya Olimpiade Musim Dingin pada Februari lalu. Sochi menjadi tuan rumah ajang olahraga berskala besar seperti Olimpiade Paralimpik, Olimpiade Musim Dingin, juga Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018. (Reuters/Laszlo Balogh)
Sebelum balapan, 21 pebalap membentuk lingkaran dan memberikan penghormatan kepada pebalap Perancis, Jules Bianchi, yang masih dalam kondisi kritis. Bianchi mengalami kecelakaan pada GP Jepang karena mobilnya keluar lintasan dan menabrak derek. (Reuters/Valdrin Xhemaj)
Memulai balapan di posisi kedua, Nico Rosberg sempat menyalip Lewis Hamilton dan memimpin lomba. Namun ia kehilangan kendali mobil di tikungan pertama dan harus mengganti ban. Meski demikian, Rosberg mampu memperbaiki kesalahan dan akhirnya naik podium di tempat kedua. (Reuters/Laszlo Balogh)
Lewis Hamilton mampu memanfaatkan kesalahan Nico Rosberg dan mengambil alih balapan dan memenangkan GP Rusia. Kini ia memimpin klasemen sementara dengan jarak 17 angka dari Nico Rosberg. Formula 1 masih menyisakan tiga balapan dengan total 100 poin yang bisa diperebutkan. (Reuters/Maxim Shemetov)
Pada musim ini, sembilan kali pebalap-pebalap Mercedes Benz meraih posisi pertama dan kedua. Tak ayal, Mercedes pun mendapatkan gelar juara tim konstruksi dan menghentikan langkan Red Bull yang merebut juara tim pada empat musim terakhir. (Reuters/Maxim Shemetov)