Persija Jakarta

RD: Keuangan Persija yang Pertama Saya Tanya

Vetriciawizach Simbolon, CNN Indonesia | Jumat, 28/11/2014 06:33 WIB
RD: Keuangan Persija yang Pertama Saya Tanya Rahmad Darmawan mengaku bahwa ia sudah menanyakan soal keuangan klub kepada pengurus Persija. (Detikcom/Rachman Haryanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih baru Persija, Rahmad Darmawan, mengakui bahwa ia telah berdiskusi tentang masalah keuangan klub sebelum memutuskan untuk setuju mengambil alih kursi kepelatihan Macan Kemayoran.

"Hal itu yang saya pertama kali saya tanya," kata pelatih yang akrab dipanggil Coach RD tersebut saat dihubungi CNN Indonesia. "Tidak mungkin berbicara soal target dan visi-misi tanpa didukung kekuatan finansial."

Pada musim kompetisi 2014, Persija sendiri beberapa kali diterpa isu soal keuangan terutama terkait keterlambatan gaji pemain. "Tentu saja itu (finansial) hal yang penting untuk dibicarakan."


Melatih Persija, Rahmad sendiri menggatikan Benny Dolo yang dipecat setelah gagal mengantar klub ibukota tersebut menembus babak delapan besar Liga Super Indonesia (LSI) musim lalu, sementara RD sukses mengantarkan Persebaya ke Babak Delapan Besar

Prihal namanya yang tiba-tiba muncul sebagai pelatih Persija, Rahmad mengaku terkejut atas tawaran yang datang pada dirinya.

"Seminggu terakhir saya mengikuti perkembangan Persija lewat media, dan nama yang sering diberitakan jadi pelatih baru Persija adalah Rene Albert dan Dejan Antonic," ujarnya

Rahmad sendiri baru memulai perbincangan menjadi pelatih Persija pada dua hari ke belakang. Sebelumnya, ia mengaku sempat intens berbicara dengan dua klub Liga Super Indonesia lainnya.

"Prosesnya sangat cepat dan sederhana," ujar Rahmad.

Menurut Rahmad hal yang membuat ia tertarik untuk kembali mengurus klub adalah visi dan juga target klub di masa depan.

Sosok RD sendiri bukanlah sosok asing bagi Persija, karena pelatih berusia 47 tahun ini pernah menduduki kursi kepelatihan Macan Kemayoran pada 2006 silam dan musim kompetisi 2010/2011.

Sewaktu masih aktif sebagai pemain, RD juga pernah mengenakan seragam Persija pada musim kompetisi 1994/1995 lalu.