Liga Spanyol

Barcelona Dilanda Krisis Internal

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Selasa, 06/01/2015 09:29 WIB
Barcelona Dilanda Krisis Internal Luis Enrique (tengah) dianggap Lionel Messi memiliki kekuatan yang berlebihan terhadap skuat Barcelona. (REUTERS/Gustau Nacarino)
Barcelona, CNN Indonesia -- Barcelona sedang dilanda krisis internal. Dipecatnya direktur olahraga, Andoni Zubizarreta, dan tidak harmonisnya hubungan Lionel Messi dengan pelatih Luis Enrique membuat Barcelona sedang dalam kondisi terpuruk.

Hanya dalam waktu dua hari, Barcelona dalam posisi terjepit. Setelah kalah dari Real Sociedad 0-1 di Stadion Anoeta, Minggu (4/1), manajemen Barcelona kemudian mengambil keputusan mengejutkan dengan memecat Zubizarreta dari posisi direktur olahraga.

Zubizarreta dianggap sebagai penyebab Barcelona dihukum FIFA karena pelanggaran transfer pemain di bawah umur. Menariknya, Zubizarreta justru menyalahkan presiden Barcelona saat ini, Josep Maria Bartomeu.

"Wakil direktur olahraga Barcelona saat itu adalah Josep Maria Bartomeu, yang sangat mengetahui benar situasi transfer pemain ketika itu," ucap Zubizarreta seperti dilansir Marca.


Zubizarreta juga dianggap gagal dalam transfer pemain. Dalam beberapa tahun terakhir, Barcelona kesulitan mendapatkan bek tengah yang andal. Dijualnya Cesc Fabregas dan Thiago Alcantara, serta kasus transfer Neymar, juga dianggap sebagai kegagalan Zubizarreta.

Dipecatnya Zubizarreta juga membuat mantan kapten Barcelona, Carles Puyol, mundur dari jabatannya sebagai wakil direktur olahraga.

Messi vs Enrique

Krisis internal Barcelona semakin diperburuk dengan tidak harmonisnya hubungan Lionel Messi dengan pelatih Luis Enrique. Radio Cadena Cope mengabarkan, Messi sempat bersitegang dengan manajemen klub dan Enrique usai kekalahan dari Sociedad.

Messi diklaim telah menganggap Enrique memiliki kekuasaan yang berlebihan. Penyerang asal Argentina itu juga dikabarkan absen latihan terbuka di Mini Estadi, Senin (5/1), bukan karena penyakit perut, melainkan karena hubungannya dengan Enrique sedang retak.

El Mundo Deportivo juga mengabarkan, hubungan tidak harmonis Messi dengan Enrique sudah terjadi sejak latihan pertama tim musim ini. Ketika itu keduanya sempat bersitegang dalam sebuah game lima lawan lima. Sejak saat itu, Messi dan Enrique tidak pernah akur.

Rumor tidak harmonisnya hubungan Messi dengan Enrique membuat penyerang 27 tahun itu dikabarkan akan hengkang ke Chelsea musim depan.

Kabar itu semakin menguat setelah Messi mulai mengikuti akun Instagram resmi Chelsea, dan sejumlah pemain The Blues, seperti Courtois Thibaut dan Filipe Luis.

Barcelona harus segera mengatasi krisis finansial ini, karena mereka akan menghadapi bulan-bulan yang penting. Selain akan tampil di babak 16 besar Liga Champions, babak 16 besar Piala Raja, Barcelona juga masih bersaing dengan Real Madrid di La Liga. (har/har)