GP Australia: Hamilton Menang, Ferrari Unjuk Gigi

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Minggu, 15/03/2015 13:51 WIB
GP Australia: Hamilton Menang, Ferrari Unjuk Gigi Lewis Hamilton memulai musim balapan 2015 dengan baik setelah ia memenangkan GP Australia. (REUTERS/Brandon Malone)
Melbourne, CNN Indonesia -- Lewis Hamilton membuka perjalananya di musim balapan 2015 dengan kemenangan di Grand Prix Australia dengan unggul 1,3 detik dari rekan setimnya di peringkat dua, Nico Rosberg.

Memenangkan pole positon, Hamilton sendiri tak pernah terganggu dan selalu mampu mempertahankan keunggulan atas Rosberg. Pembalap asal Inggris itu selama 38 putaran nyaris selalu unggul dua detik atas Rosberg, dan baru terkejar di putaran ke-38 ketika Rosberg mampu memperkecil selisih waktu menjadi 1,5 detik.

Namun memasuki lap ke-49, Hamilton mencatatkan putaran tercepatnya yaitu 1:31.023 sehingga ia kembali unggul 2,4 detik. Rosberg yang gigih mengejar Hamilton kemudian menutup balapan dengan hanya berselisih 1,3 detik.


Hasil ini membuat Hamilton mampu mengubur kegagalan musim lalu, ketika ia tak bisa menyelesaikan balapan di Melbourne karena kegagalan mesin.

Berada di tempat ketiga adalah pembalap baru Ferrari, Sebastian Vettel, yang berselisih 32,7 detik dari Hamilton -- sekali lagi membuktikan dominasi duo Mercedes di Formula 1. Namun, keberhasilan Vettel menyaingi duo Mercedes ini akan disambut gembira oleh tifosi Ferrari yang musim lalu harus tertunduk malu karena tak bisa memenangkan satu podium pun.

Sementara itu, Felipe Massa yang sempat berada di belakang Rosberg harus puas di peringkat keempat dengan selisih 2,5 detik dari Vettel.

Di akhir balapan, hanya ada 11 pembalap yang mampu menyelesaikan balapan setelah serangkaian insiden terjadi.

Salah satunya adalah rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, yang tak menyelesaikan balapan karena ban kirinya tak terpasang dengan benar setelah ia keluar dari pitstop.

Nasib nahas juga dialami oleh Max Verstappen, pembalap berusia 17 tahun yang menjalani debutnya di Formula 1. Di putaran ke-34, setelah mengalami pitstop pertama, mobil Toro Rosso dari Verstappen mengeluarkan asap sehingga ia harus berhenti dan kembali ke arah pit.

Kejutan lain yang terjadi pada GP Australia ini adalah keberhasilan pembalau Sauber, Felipe Nasr, yang berhasil menyelesaikan balapan di peringkat kelima. Padahal, Sauber sendiri belum pernah mendapatkan satu poin pun selama balapan musim lalu.

Hasil Lengkap GP Australia
1    Lewis Hamilton (Mercedes)
2    Nico Rosberg (Mercedes)
3    Sebastian Vettel (Ferrari)
4    Felipe Massa (Williams)
5    Felipe Nasr (Sauber)
6    Daniel Ricciardo (Red Bull)
7    Nico Hulkenberg (Force India)  
8    Marcus Erricson (Sauber) 
9    Carlos Sainz (Toro Rosso)
10  Sergio Perez (Force India)
11  Jenson Button (McLaren)


(vws)