Pegolf Putri No 1 Termuda di Dunia Kembali Menang

M. Arby Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 27/04/2015 21:30 WIB
Pegolf Putri No 1 Termuda di Dunia Kembali Menang Pegolf berusia 18 tahun Lydia Ko merayakan ulang tahun dengan kemenangan di lapangan golf. (Getty Images/Rob Carr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di usia yang baru beranjak 18 tahun, Lydia Ko mendapatkan hadiah ulang tahun sebesar 394.000 dolar atau sekitar 5 miliar rupiah yang langsung masuk ke dalam akun bank yang ia miliki.

Ko merayakan ulang tahunnya di Lake Merced. Hari lahirnya kali ini berbarengan dengan kemenangan dalam ajang Swinging SKirts LPGA Classic di Lake Merced, Senin (27/4).

Kemenangan di Tur PGA ini adalah yang kejuaraan kedua yang Lydia menangkan pada musim kompetisi 2015 dan ketujuh sepanjang kariernya.


"Pada mulanya, saya tidak tahu bagaimana ajang ini akan berjalan. Ini lagi-lagi menjadi minggu ulang tahun yang luar biasa," kata Ko seperti yang dikutip dari situs TVNZ.

Lydia sendiri mengaku merasa gugup meski penampilannya menyatakan hal berbeda. Mengawali turnamen dengan sepasang boogey, dengan tenang Lydia memasukkan bola dari jarak 8 kaki di lubang ke-18 dan mendapatkan birdie pada par 5.

Hasil itu cukup untuk membuat nilai Lydia sama dengan pemimpin klasemen sementara, Morgan Pressel, sehingga keduanya harus menjalani play-off untuk menentukan pemenang. Lydia kemudian mengalahkan Morgan Pressel pada lubang ekstra kedua dengan mendapatkan birdie di par-5 dari jarak lima kaki.

Secara total, Ko membuat dua birdie di Lake Merced dan menyelesaikan turnamen tersebut dengan 8 di bawah 280. Raihan ini membuat Pressel melontarkan pujian.

"Ia sangat mengesankan dan selalu siap bermain," kata Pressel. "Pada usianya, ia bermain dengan ketenangan dan keanggunan yang tidak terlihat pada remaja sebayanya."

"Saya kira kini ia sudah bukan anak-anak lagi."

Sebelumnya, Ko menjadi pegolf termuda yang menduduki peringkat satu dunia setelah ia menggaet posisi kedua di turnamen pembuka musim Asosiasi Golf Profesional Perempuan (LPGA) Kejuaraan Coates Golf di Ocala (31/1).

Ia merebut gelar pegolf nomor satu termuda dari tangan Shin Ji-yai, pegolf profesional asal Korea Selatan, yang mencapai hal tersebut di tahun 2010 di usianya yang ke-22. (vws/vws)