QNB League 2015 Dihentikan

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Sabtu, 02/05/2015 17:03 WIB
QNB League 2015 Dihentikan Kompetisi QNB League 2015 dihentikan dengan alasan force majeur. (Dok.QNB)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI akhirnya mengeluarkan keputusan berupa pemberhentian kompetisi QNB League dan Divisi Utama 2015.

Menurut Wakil Ketua Umum PSSI Hinca Pandjaitan rapat Exco mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan kompetisi yang baru bergulir dua pekan ini.

"Kompetisi diberhentikan dengan alasan force majeur," ucap Hinca saat dihubungi oleh CNN Indonesia.


"Jadi mulai besok tidak ada kompetisi."

Keputusan ini sendiri bakal membuat perdebatan antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan PSSI akan semakin bertambah panjang.

Sebelumnya, Kemenpora sudah meminta kepada PT. Liga untuk secepatnya memulai kompetisi walaupun Kemenpora tidak mengakui kepengurusan PSSI yang ada saat ini.

Hal itu kemudian tidak bisa diterima oleh klub-klub yang tetap ingin PSSI diakui oleh Kemenpora. Selain itu, klub-klub juga ingin kompetisi tetap diikuti 18 klub dengan melibatkan dua klub yang dianggap bermasalah oleh Kemenpora, Arema Cronus dan Persebaya Surabaya.

Permasalahan Kemenpora dan PSSI sendiri bermula dari verifikasi BOPI yang tidak mengesahkan Arema dan Persebaya untuk ikut kompetisi lantaran masalah legalitas.

Setelah itu, Kemenpora mengirim tiga kali surat teguran yang meminta PSSI untuk tidak melibatkan Arema dan Persebaya dalam kompetisi. Hal itu kemudian berujung pada pembekuan PSSI sebelum kongres PSSI di Surabaya menghasilkan keputusan tentang kepengurusan anyar di periode ini.

(ptr/ptr)