Taufik Hidayat: Jadikan Sanksi FIFA Sebagai Motivasi Prestasi

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Sabtu, 30/05/2015 18:15 WIB
Taufik Hidayat: Jadikan Sanksi FIFA Sebagai Motivasi Prestasi Emas sepakbola di SEA Games jadi salah satu hal yang diidamkan sejak lama oleh Indonesia. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia -- FIFA menjatuhkan sanksi larangan bertanding di turnamen internasional kepada Indonesia, namun SEA Games 2015 jadi pengecualian. Komandang Kontingen Indonesia untuk SEA Games Taufik Hidayat berharap sanksi yang ada menjadi motivasi tambahan untuk berprestasi.

FIFA memutuskan untuk memberikan larangan bertanding bagi Indonesia akibat Pemerintah Indonesia dianggap melakukan intervensi terhadap urusan rumah tangga PSSI.

Namun dalam surat sanksi tersebut, tim nasional U-23 masih diperbolehkan untuk tampil di ajang SEA Games 2015.


(Baca Selengkapnya Syarat Agar Sanksi FIFA Dicabut di: FIFA Resmi Beri Sanksi untuk Indonesia)

"Saya harap sanksi yang dijatuhkan pada Indonesia bisa membuat para pemain tim nasional lebih termotivasi untuk berprestasi," ucap Taufik kepada CNN Indonesia.

"Ini saat yang tepat untuk membuktikan bahwa sepak bola Indonesia masih bisa jadi nomor satu, bahwa sepak bola Indonesia masih bisa menjadi yang terbaik," kata juara Olimpiade 2004 ini menambahkan.

Dalam pandangan Taufik, untuk bisa berprestasi di ajang sepak bola SEA Games, para anggota tim nasional mesti fokus sepenuhnya terhadap pertandingan-pertandingan yang akan mereka hadapi.

"Jangan terlalu memusingkan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya terkait sanksi FIFA. Saat ini mereka harus bisa fokus, memberikan yang terbaik di SEA Games yang bisa membuat Indonesia bangga," ucap Taufik.

Indonesia sendiri terakhir kali meraih medali emas di ajang SEA Games pada 1991 silam. Dalam dua penyelenggaraan terakhir, Indonesia berhasil melaju ke babak final, namun harus puas dengan raihan medali perak.

Di SEA Games kali ini, Indonesia berada satu grup dengan Singapura, Myanmar, Kamboja, dan Filipina.

Baca Berita Selanjutnya: Sekum Persipura Minta Menpora Tanggung Jawab Terhadap Sanksi FIFA (ptr/ptr)