Eks Petinggi ManUnited Resmi Tolak Masuk Exco FIFA

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Sabtu, 30/05/2015 22:35 WIB
Eks Petinggi ManUnited Resmi Tolak Masuk Exco FIFA David Gill menolak masuk ke dalam jajaran Komite Eksekutif FIFA karena Sepp Blatter masih memimpin organisasi tersebut. (Reuters/Arnd Wiegmann)
London, CNN Indonesia -- Wakil kepala Asosiasi Sepak Bola Inggris, David Gill, memberikan konfirmasi bahwa ia tidak akan mengambil posisi di Komite Eksekutif FIFA, setelah Sepp Blatter terpilih kembali sebagai presiden otoritas sepak bola dunia tersebut.

Mantan Pemimpin Eksekutif Manchester United itu dua bulan lalu terpilih masuk ke dalam ExCo namun ia tidak mengikuti rapat ExCo pertama yang dilangsungkan Sabtu (30/5).

Blatter mengalahkan Pangeran Ali bin Al-Hussein dari Yordania pada Kongres pemilihan presiden FIFA yang diselenggarakan di tengah skandal korupsi yang menimpa para petinggi FIFA.


"Saya tidak mengambil sikap ini dengan mudah, namun peristiwa-peristiwa merusak dalam tiga hari terakhir telah meyakinkan saya untuk tidak menjadi anggota komite eksekutif FIFA di bawah kepemimpinan yang saat ini," demikian ujar Gill kepada media.

"Saya mengakui bahwa Tuan Blatter terpilih secara demokratis dan saya ingin mengucapkan agar FIFA sukses mengatasi seluruh masalah yang sedang mereka hadapi."

"Meski demikian, reputasi profesional saya penting bagi diri saya dan saya tidak melihat akan adanya perubahan untuk kebaikan sepak bola jika Tuan Blatter tetap memimpin."

"Saya akan terus fokus dengan posisi saya di FA dan UEFA, yang saya anggap serius dan saya merasa terhormat ambil bagian di dalamnya."

Wakil Presiden FIFA dari Britania Raya dipilih oleh UEFA, otoritas sepak bola Eropa, dan pengganti Gill akan segera dipilih.

"Saya tidak tahu proyek apa yang sedang ditangani Mr. David Gill, tapi ia tidak ada di rapat komite eksekutif hari ini," kata Blatter kepada reporter.

"Ia tidak memberikan alasan untuk ketidakhadirannya. Kemarin (Jumat) ia secara resmi menjadi anggota Komite Eksekutif FIFA dan saya menunggu dirinya."

"Ketika Anda terpilih....Anda bahkan tidak datang ke rapat pertama. Ini tidak bertanggung jawab. Jika Anda terpilih, maka Anda harus datang." (vws)