Presiden Federasi Sepak Bola Brasil Dituntut Mundur

Vriana Indriasari, CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2015 16:55 WIB
Presiden Federasi Sepak Bola Brasil Dituntut Mundur Menyusul pengunduran diri presiden FIFA, Sepp Blatter, mantan pemain Brasil, Ronaldo juga menuntuk presiden konfederasi sepak bola negaranya juga mundur. (Reuters/Arnd Wiegmann)
Rio de Janeiro, CNN Indonesia -- Mantan bintang sepak bola Brasil, Ronaldo, meminta Presiden Konfederasi Sepak Bola Brasi, Marco Polo Del Nero, meletakkan jabatannya menyusul terkuaknya skandal koruspi di tubuh FIFA.

Del Nero menggantikan mantan presiden CBF sebelumnya, Jose Maria MArin pada April lalu. Marin sendiri termasuk dalam sembilan petinggi otoritas sepak bola dunia yang ditangkap dua hari sebelum Kongres FIFA dilaksanakan di Zurich.

Marin menjadi salah satu petinggi FIFA yang terindikasi terlibat dalam skandal korupsi yang tengah diselidiki pihak Amerika Serikat tersebut.


"Pasti ada hubungan yang unik antara Del Nero dan Marin," kata Ronaldo seperti dikutip dari ABC3340. "Ini merupakan saat yang tepat untuk Del Nero mundur."

Hal senada juga disuarakan Romario. Mantan pemain sepak bola Brasil yang kini duduk sebagai anggota Senat itu juga menuntut De Nero untuk tidak melanjutkan kepemimpinannya di CBF.

Sebelumnya, mantan presiden asosiasi sepak bola Brasil (CBF), Ricardo Teixeira, menghadapi tuntutan pencucian uang dan penghindaran pajak, demikian sumber kepolisian Brasil mengatakan pada Senin (1/6) dengan skandal suap berskala besar kini membuat sepak bola Brasil sedang dalam sorotan dunia.

Esok harinya, penerus Teixeira sebagai pemimpin CBF, Jose Maria Marin, bersama enam petinggi FIFA lainnya juga ditahan pada Rabu (27/5) lalu oleh kepolisian Swiss atas tuduhan korupsi dan suap pada turnamen-turnamen yang diselenggarakan di zona CONMEBOL dan CONCACAF. (vri)