100 Pertandingan Messi untuk Argentina

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Sabtu, 20/06/2015 02:00 WIB
100 Pertandingan Messi untuk Argentina Sejak debut pada 2005 silam, Lionel Messi akan menjalani laga ke-100 bersama timnas Argentina pada akhir pekan ini. (REUTERS/Marcos Brindicci)
La Serena, CNN Indonesia -- Akhir pekan ini akan menjadi hari yang spesial bagi Lionel Messi. Di ajang Copa America ia akan menggenapkan tiga digit penampilan bersama timnas Argentina.

Messi akan melakoni laga keseratus bagi tim Tango saat melawan Jamaika pada Minggu (21/6) WIB atau Sabtu (20/6) malam waktu setempat.

"Saya sangat bahagia akan mencapai rekor ini. Semoga saya bisa merayakannya dengan kemenangan dalain dan sekali lagi untuk semuanya adalah mengangkat sebuah piala," kata Messi seperti dikutip surat kabar Argentina La Nacion.


Messi yang kini merupakan kapten timnas Argentina itu memang berambisi mengakhiri puasa gelar internasional timnas Argentina selam 22 tahun. Kebetulan pula trofi mayor terakhir yang diraih Albiceleste itu adalah Copa America pada 1993 silam.

Tak seperti bersama tim senior Argentina, Messi pribadi sudah merasakan gelar bersama tim junior seperti medali emas Olimpiade (2008) dan Piala Dunia U-20 (2005).

Debut timnas senior Messi dimulai pada 17 Agustus 2005 melawan Hungaria. Mesi yang kala itu masih berusia 18 tahun masuk pada babak kedua. Sayang debutnya berjalan tak sempurna. Baru semenit dia sudah mendapat kartu merah karena menyikut bek lawan, Vilmos Vanczak.

Belakangan, di ruang ganti pemain tim Argentina menemukan Messi sedang menangis di sudut ruangan.

Tapi, Messi adalah dewa sepak bola Argentina setelah Diego Maradona. Ia menjadi pemain paling bersinar dari Argentina yang bermain di Eropa setelah era Maradona.

Bersama Barcelona, Messi sudah memenangkan empat trofi Liga Champions, tujuh gelar la liga, dan tiga Piala Raja. Di level penghargaan individu, Messi pun sempat terpilih menjadi pemain terbaik dunia sebanyak empat kali.

Jika dilihat dari jumlah gelar dan trofi tersebut, Messi lebih hebat dari penyerang-penyerang hebat Argentina lainnya sejak era Maradona seperti dewa gol Gabriel Batistuta, Hernan Crespo, atau Carlos Tevez.

Saat ini Messi menjadi pemain kelima dengan penampilan terbanyak bersama timnas Argentina. Di atasnya dalah Diego Simeone (106), Javier Mascherano (113), Roberto Ayala (115), dan Javier Zanetti (145).

Dalam hal jumlah gol, Messi berada di bawah Batistuta sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas Argentina. Batistuta berada di puncak dengan torehan 56 gol. Di tempat kedua adalah Messi dengan 46 gol, disusul Crespo (35 gol), Maradona (34 gol), dan Sergio Aguero (28 gol).

"99 pertandingan bersama Argentina telah menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa tetapi tidak beruntung tanpa sebuah titel," kata Messi. (kid/kid)