Zach Johnson Rebut Juara Inggris Terbuka

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2015 09:51 WIB
Zach Johnson Rebut Juara Inggris Terbuka Zach Johnson mendapatkan gelar utama kedua dalam kariernya. (REUTERS/Paul Childs)
St. Andrews, CNN Indonesia -- Pegolf Amerika Serikat, Zach Johnson, mendapatkan gelar utama kedua sepanjang kariernya setelah memenangi playoff empat lubang di putaran final Inggris Terbuka pada Senin (20/7).

Dalam kejuaraan yang tampaknya tidak akan berakhir karena terus terganggu hujan tersebut, pegolf berusia 39 tahun itu mendapatkan angka 66 dan mengalahkan pegolf Afrika Selatan, Louis Oosthuizen (69) dan pegolf Australia March Leishman (66) di lubang ekstra.

"Saya bersyukur bisa menjadi juara dan terhormat menjadi bagian bersejarah dari turnamen ini," kata Johnson setelah bermain di playoff dengan cuaca lembab dan kondisi berangin.


"Minggu ini dipenuhi kesabaran, keberanian, dan juga kepercayaan. Saya tak bisa bermain lebih baik dari saat ini."

Johnson yang memenangi kejuaraan US Masters pada 2007 mendapatkan birdie pada dua lubang pertamanya di babak playoff. Ia sempat mencatatkan bogey pada lubang selanjutnya dan mendapatkan par di lubang terakhir.

Johnson mengusap air mata kemudian memeluk istrinya setelah ia mendapatkan piala Claret Jug dan juga hadiah senilai US$ 1,79 juta.

Salah satu pegolf yang memberikan ucapan selamat baginya adalah pegolf Amerika Serikat Jordan Spieth yang gagal masuk ke putaran playoff karena berselisih satu pukulan di hari terakhir.

Spieth, 21, yang membidik untuk menjadi pegolf pertama yang meraih tiga gelar utama sejara berturut-turut sejak Ben Hogan melakukannya pada 1953, hanya mendapatkan tiga di bawah par 69. Secara keseluruhan, Spiet mendapatkan 14 di bawah par, sementara Johnson, Leishman, dan Oosthuizen mendapatkan 15 di bawah par pada total 72 lubang. 

Johnson sendiri berharap kemenangan ini tidak akan mengubah hidupnya.

"Sebagai pegolf dan atlet profesional, saya akan menikmati momen ini. Saya merasa rendah hati, namun warisan saya adalah anak-anak saya, keluarga saya, dan hal-hal seperti itu."

Selain itu, Johnson juga memberikan pujiannya kepada Spieth yang menurutnya adalah seorang pria baik.

"Ia sahabat baik saya," kata Johnson. "Memang, ia lebih muda 18 tahun dari saya."

"Saya tidak bisa menggambarkan hal-hal besar yang sedang ia alami karena saya belum pernah ada di posisi tersebut. Kami belum pernah melihat hal itu sebelumnya terkecuali Tiger (Woods)."

"Jordan bisa duduk di (posisi juara) sini saat ini.. dan melihat seorang juara sepertinya memberikan selamat kepada saya...menunjukkan kebesaran hatinya. Ia seorang talenta fenonemal...ia orang yang baik."
 

(vws)