Singapura Hukum Penjara Pengatur Skor dari Indonesia

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2015 14:49 WIB
Nasiruddin yang melakukan percobaan pengaturan skor di SEA Games 2015 dihukum 30 bulan penjara oleh pengadilan Singapura. Seorang pengatur skor asal Indonesia dihukum penjara 30 bulan. (Getty Images/Thinkstockphotos.com)
Singapura, CNN Indonesia -- Seorang warga negara Indonesia dijatuhi hukuman penjara 30 bulan pada Selasa (21/7) karena berusaha untuk mengatur pertandingan sepak bola di ajang olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2015 yang berlangsung di Singapura.

Nasiruddin, 52, berkonspirasi dengan dua orang lainnya untuk memberi pengurus tim Timor Leste, Orlando Marques Henriques Mendes, uang sejumlah S$15 ribu untuk memastikan Timor Leste mengalah pada laga melawan Malaysia pada 30 Mei lalu, demikian bunyi pernyataan Biro Penyelidikan Tindak Korupsi Singapura (CPIB).

Selain Nasiruddin, seorang warga negara Singapura Rajendran "Pal" Kurusamy dan seorang warga negara Timor Leste Moises Natalino De Jesus juga ditangkap polisi pada 31 Mei lalu.


Malaysia memenangi laga tersebut dengan skor 1-0 namun kedua tim sama-sama tersingkir pada fase grup.

CPIB juga berkata bahwa Mendes dikenai tuduhan suap kepada para pemain di tim Timor Leste.

Pengaturan skor marak di sepak bola Asia selama beberapa tahun terakhir dengan menargetkan pemain yang menerima gaji rendah.

Singapura sering kali terkena masalah pengaturan skor dan pada 2013 agensi anti-kejahatan Eropa (Europol) berkata bahwa ratusan pertandingan telah diatur oleh sindikasi judi yang dijalankan dari Singapura.

CPIB, yang juga menangani sejumlah kasus pengaturan skor lain, berkata bahwa mereka akan terus berjuang melawan masalah ini.

"Singapura mengadopsi pendekatan nol toleransi melawan korupsi dan bentuk-bentuk pengaturan skor tidak diterima di Singapura," kata CPIB.

"Biro Penyelidikan Tindak Korupsi Singapura tidak akan ragu untuk mengambil tindakan melawan pihak-pihak yang terkait dengan aktivitas pengaturan skor." (vws)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK