Pakaian 'Kebun Binatang' Messi Dikritik Politikus Gabon

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2015 00:00 WIB
Lionel Messi dikatakan menggunakan pakaian seolah sedang pergi ke kebun binatang saat menemui presiden Gabon, Ali Bongo Ondimba. Lionel Messi mendapatkan kritik dari politisi Gabon. (REUTERS/Gerauds Wilfried Obangome)
Port-Gentil, CNN Indonesia -- Kedatangan Lionel Messi ke Gabon dalam acara peletakan batu pertama stadion nasional negara tersebut masih menyisakan persoalan. Setelah dituduh menerima uang agar ia mau berfoto dengan presiden Gabon, Messi kini dikritik karena caranya berpakaian dalam acara tersebut.

Serangan tersebut datang dari para politikus Gabon yang mengatakan Messi tidak memiliki tata krama karena berpakaiannya seolah sedang berkunjung ke kebun binatang padahal ia menemui presiden Gabon, Ali Bongo Ondimba. Kritikan ini dinyatakan partai oposisi di Gabon, Union du Peuple Gabonais (UPG).  

"Juru selamat sepak bola datang ke Gabon berpakaian seperti saat ia pergi ke kebun binatang: kotor, belum bercukur, dan tangannya dimasukkan ke kantung celana, seperti mencari kacang untuk dilemparkan!" demikian bunyi pernyataan resmi UPG.


Messi datang ke Gabon atas undangan mantan rekan setimnya di Barcelona, Samuel Eto'o. Ia sempat tur berkeliling kota Port Gentile bersama dengan Ali Bongo sebelum datang ke acara peletakan batu pertama stadion nasional Gabon yang dibangun untuk Piala Afrika 2017.

Media Afrika, Modafrique, dan juga majalah France Football mengabarkan bahwa Messi mendapatkan uang €3,5 juta agar mau pergi ke negara Afrika tersebut. Namun kedutaan besar Gabon di Perancis membantah berita tersebut.

"Republik Gabon secara tegas menolak anggapan pernah mentransfer atau menjanjikan transfer sejumlah uang kepada pemain tim nasional Argentina, Lionel Messi. Ia berada di Gabon pada 17 dan 18 Juli atas undangan Ali Bongo."

Messi berada di Afrika sementara rekan-rekan setimnya berada di Amerika Serikat untuk mengikuti tur pramusim.

Penyerang tim nasional Argentina itu mendapatkan perpanjangan libur karena ia telah mengikuti Copa America 2015 hingga ke partai final.

(vws)