Jakmania Jumpa Menpora, Sampaikan Aspirasi

Martinus Adinata, CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2015 23:40 WIB
Sempat melakukan demonstrasi pada Selasa (11/8), perwakilan suporter Persija Jakarta (Jakmania) hari ini bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi. Imam Nahrawi Bertemu dengan perwakilan Jakmania di kantor Kemenpora. (ANTARA FOTO/Widodo S.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bertemu dengan perwakilan suporter Persija Jakarta, Jakmania, di kantor Kemenpora, Kamis (13/8).

Dalam pertemuan yang diadakan di Media Center Kemenpora tersebut hadir ketua Jakmania, Richard Achmad, beserta sejumlah perwakilan suporter.

"Ini silaturahmi saja dengan Jakmania," ujar Imam seusai pertemuan. "Saya mendengarkan aspirasi Jakmania agar bagaimana sepak bola kita tidak mati."


"Saya juga ingin mengajak suporter Jakmania dan suporter Indonesia lainnya untuk memberikan aspirasi, supaya rancangan tata kelola sepak bola yang kita siapkan benar-benar dari pelaku."

Hal senada dilontarkan ketua Jakmania, Richard Achmad, yang mengatakan tujuan pertemuan Jakmania dengan Menpora hari ini sebagai bagian dari silaturahmi dan jalan bagi Jakmania menyampaikan aspirasi.

"Biasanya suporter hanya menjadi objek tidak pernah menjadi subjek," kata Richard. "Suporter kan jadi jantung sebuah klub, tetapi kan kadang masih terabaikan."

Imam juga menyampaikan pendapatnya mengenai potensi ekonomi kreatif yang dapat ditimbulkan jika kompetisi kembali berjalan.

"Komunitas suporter itu akan mendorong ekonomi kreatif," ujar Imam melanjutkan. "Tapi kan itu semua terhenti karena kompetisi kita terhenti."

"Maka kami bilang agar suporter jangan patah arang, sehingga nantinya (suporter) tak hanya bergembira di tribun, tapi juga bisa mendorong industri sepak bola yang kondusif."

Pertemuan mendadak antara Menpora dan Jakmania ini semula dijadwalkan dilakukan di rumah dinas Menpora. Namun karena kesibukan Menpora, pertemuan dilangsungkan di Kemenpora.

Sebelumnya, pada Selasa (11/8) siang, Jakmania sempat melakukan demonstrasi di depan kantor Kemenpora. Dalam audiensi yang kala itu dihadiri Sekretaris Kemenpora Alfitra Salamm, mantan ketua umum Jakmania, Muhammad Larico Ronggamane, menuntut Menpora segera mencabut SK pembekuan terhadap PSSi agar roda kompetisi sepak bola kembali bergulir. (vws)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK