Duel Tak 100 Persen di Lini Tengah

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Sabtu, 12/09/2015 13:36 WIB
Duel Tak 100 Persen di Lini Tengah Philippe Coutinho (kiri) dipastikan absen karena larangan bermain, dan Michael Carrick diragukan tampil karena cedera betis. (Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United memiliki keunggulan lini tengah saat menjamu Liverpool pada lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford malam nanti, Sabtu (12/9).

Liverpool tidak bisa menampilkan kekuatan lini tengah mereka secara 100 persen lantaran beberapa pemain harus absen di laga ini. Joe Allen dan Adam Lallana dipastikan absen karena cedera.

The Reds juga akan kehilangan gelandang serang lincah Philippe Coutinho. Pemain asal Brasil itu harus absen karena mendapat kartu merah pada pertandingan sebelumnya melawan West Ham United.


Kondisi itu diperburuk dengan diragukannya Jordan Henderson. Pihak Liverpool hingga kini masih menunggu kondisi terakhir kapten The Reds tersebut.

Sementara itu di kubu Manchester United, hanya Michael Carrick yang diragukan untuk tampil. Gelandang veteran itu mengalami cedera betis saat menjalani pemanasan bersama timnas Inggris sebelum menghadapi San Marino di kualifikasi Piala Eropa 2016, akhir pekan lalu.

Dengan perbandingan kekuatan yang timpang lantaran lebih banyak motor lini tengah Liverpool yang absen, MU jelas diuntungkan dengan hal ini. Manajer MU, Louis van Gaal, memiliki banyak pilihan di lini tengah.

Namun, pelatih asal Belanda itu harus pintar memilih kombinasi yang paling pas di antara sekian banyaknya gelandang yang ia miliki.

Bastian Schweinsteiger dan Morgan Schneiderlin sepertinya akan kembali berdiri di depan lini pertahanan, sekaligus menopang tiga gelandang serang yang kemungkinan besar diisi Memphis Depay, Juan Mata, Ander Herrera.

Meski sejauh ini tampil dominan, namun kinerja lini tengah MU masih mendapat sorotan tajam. Mereka sejauh ini hanya sanggup mencetak tiga gol dari empat pertandingan di Liga Primer Inggris.

Mandulnya MU bukan hanya jadi tanggung jawab Rooney, melainkan juga gelandang serang mereka seperti Depay yang sejauh ini belum mampu mencetak gol di Liga Primer Inggris.

Kepala Dingin

Sementara itu dengan banyaknya pemain yang absen, Emre Can dan Lucas Leiva sepertinya bakal bertugas sebagai duo Liverpool pertama yang bakal berusaha mematahkan serangan yang tengah dibangun MU.

Bila mereka mampu tampil disiplin dan agresif, maka gelandang-gelandang MU bakal frustrasi dan kesulitan mendominasi penguasaan bola.

Kesalahan seperti yang terjadi pada gol kedua West Ham yang dicetak Mark Noble tak boleh terulang. Lini tengah Liverpool harus mengantisipasi para gelandang MU yang gemar menunggu bola liar dari luar kotak penalti.

Tidak hanya itu, kecerobohan seperti yang dilakukan Coutinho juga tak boleh kembali dilakukan. Mengingat tensi tinggi yang bakal hadir di duel di Old Trafford ini, gelandang-gelandang Liverpool harus bertindak dengan kepala dingin.

Tanpa kehadiran Coutinho, duo rekrutan anyar, Roberto Firmino dan James Milner bertanggung jawab pada kreasi serangan yang dibuat Liverpool pada laga nanti. Mereka dituntut untuk memberikan jawaban mengapa Liverpool merekrut mereka musim panas ini.

Melihat nama-nama gelandang yang ada untuk laga nanti, MU patut lebih diunggulkan untuk mendominasi lini tengah. Terlebih mereka masih menyisakan beberapa nama hebat di bangku cadangan yang bisa dimainkan saat mereka mengalami kebuntuan.

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester United: David de Gea; Matteo Darmian, Chris Smalling, Daley Blind, Luke Shaw; Bastian Schweinsteiger, Morgan Schneiderlin; Juan Mata, Ander Herrera, Memphis Depay; Wayne Rooney.

Liverpool: Simon Mignolet; Nathaniel Cylne, Martin Skrtel, Dejan Lovren, Joe Gomez; Emre Can, Lucas Leiva, James Milner; Jordon Ibe, Christian Benteke, Roberto Firmino. (har/har)