Menanti 'Debut' David de Gea

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Sabtu, 12/09/2015 14:12 WIB
Menanti 'Debut' David de Gea David de Gea baru saja menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun bersama Manchester United. (Getty Images/Brian Bahr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laga melawan Liverpool di Old Trafford, Sabtu (12/9) malam, diprediksi akan menjadi laga 'debut' kiper asal Spanyol, David de Gea, bersama Manchester United di musim 2015/2016.

MU mengakhiri spekulasi kepergian De Gea dengan memperbarui kontrak kiper 24 tahun itu, Jumat (11/9). De Gea menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun dengan gaji 200 ribu poundsterling (setara Rp4,3 miliar) per pekan.

Keputusan De Gea yang mau memperpanjang kontrak bersama MU membuat manajer Louis van Gaal berpeluang besar memainkan mantan kiper Atletico Madrid itu untuk kali pertama musim ini.


Van Gaal sebelum menyatakan tidak akan pernah memainkan De Gea selama polemik kepindahannya ke Real Madrid belum berakhir. Pelatih asal Belanda itu kemudian memberi kepercayaan kepada kiper asal Argentina, Sergio Romero.

Kini, dengan berakhirnya spekulasi kepindahan De Gea dan buruknya penampilan Romero pada pertandingan terakhir melawan Swansea City, akhir pekan lalu, Van Gaal diprediksi akan memainkan kiper asal Spanyol tersebut.

De Gea kali terakhir memperkuat MU ketika dikalahkan Paris Saint-Germain pada pertandingan pramusim Internasional Champions Cup 2015 di Amerika Serikat, 29 Juli lalu. Ketika itu De Gea bermain buruk dan dianggap sebagai penyebab terciptanya gol pertama PSG yang dicetak Blaise Matuidi.

Setelah itu De Gea tidak dimainkan Van Gaal di enam pertandingan resmi MU musim ini melawan Tottenham Hotspur, Aston Villa, Newvastle United, Swansea di Liga Primer, serta dua pertandingan melawan Club Brugge di playoff Liga Champions.

"Ini momen yang tepat untuk kembali ke Old Trafford. Saya merasa 100 persen fit untuk bermain melawan Liverpool," tegas De Gea melalui situs resmi MU.

Van Gaal sendiri mengaku tidak pernah hilang kepercayaan terhadap De Gea. Namun, mantan pelatih Barcelona itu belum bisa memastikan apakah De Gea akan menjadi starter melawan Liverpool atau tidak.

"Kita lihat nanti apakah De Gea akan main atau tidak. Anda tidak akan pernah tahu. Kami harus menilai penampilannya saat latihan," ucap Van Gaal. (har/har)