Hujan Deras, Kualifikasi GP Amerika Ditunda

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Minggu, 25/10/2015 02:04 WIB
Hujan Deras, Kualifikasi GP Amerika Ditunda Hujan deras kembali mengganggu pelaksanaan GP Amerika di Austin, Texas. (REUTERS/Adrees Latif)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sesi kualifikasi untuk Formula 1 GP Amerika Serikat di Austin, Texas, ditunda satu jam karena adanya hujan deras dan juga angin yang bertiup kencang sehingga kondisi trek tidak aman. Dengan situasi seperti itu, besar kemungkinan ada penundaan lebih lanjut.

Sesi latihan bebas terakhir dari balapan yang bisa menentukan gelar juara dunia pada Sabtu pagi waktu setempat digelar tanpa kehadiran penonton.

Para penonton kemudian diizinkan masuk ke area tribun pada sesi kualifikasi. Namun, kebanyakan tribun kosong melompong dan hanya yang terlindungi dari hujan saja yang diisi oleh para penggemar balap jet darat tersebut.


"Kecuali hujan mereda, kami tidak akan menjalankan sesi kualifikasi. Jika hujan terus turun, menjadi langkah logis untuk tidak menjalankan apapun hari ini," kata pebalap Red Bull Daniel Ricciardo kepada BBC.

"Bahkan jika hanya hujan rintik-rintik pun kami tidak bisa membalap ke luar sana. Tapi saya yakin kami akan membalap besok."

Pebalap asal Australia itu bahkan tidak berganti pakaian menggunakan baju balapnya.

Jika sesi kualifikasi tidak terlaksana pada Sabtu waktu setempat, maka bisa digelar pada Minggu pagi jika cuaca telah membaik. Jika tidak, maka waktu yang didapatkan di sesi latihan bebas terakhir akan menentukan urutan membalap.

Di sesi tersebut, juara dunia tahun lalu dan pemuncak klasemen saat ini, Lewis Hamilton, menjadi yang tercepat. Jika ia berhasil mendapatkan tujuh angka tambahan dari Sebastian Vettel (Ferrari), maka Hamilton bisa dinobatkan sebagai juara dunia esok hari.

Pebalap Inggris itu memenangi dua dari tiga GP Amerika terakhir. (vws)