Sukses Yamaha di MotoGP 2015 Berkat Marquez

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Senin, 21/12/2015 13:55 WIB
Direktur pelaksana Movistar Yamaha, Lin Jarvis, menganggap sukses timnya menyapu bersih gelar juara dunia di MotoGP 2015 berkat Marc Marquez. Duo Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo (kiri) dan Valentino Rossi (tengah), diklaim terlecut dengan sukses Marc Marquez. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur pelaksana Movistar Yamaha, Lin Jarvis, menganggap sukses timnya menyapu bersih tiga gelar juara dunia di MotoGP 2015 berkat pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Yamaha sukses merebut gelar juara dunia tim, konstruktor, dan pebalap di MotoGP 2015. Bahkan dua pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, bersaing ketat dalam persaingan gelar juara dunia.

Jarvis mengklaim impresifnya penampilan Yamaha musim lalu karena terlecut sukses Marquez di MotoGP 2013 dan 2014. Pria asal Inggris itu mengatakan, timnya menunjukkan reaksi luar biasa untuk mengakhiri dominasi Marquez, yang pada 2014 berhasil memenangi 10 seri beruntun di awal musim.


"Satu hal yang membuat saya terkesan adalah, bagaimana pendekatan kedua pebalap kami. Marquez menghancurkan kami di awal musim 2014, dan itu mengakibatkan reaksi dari sisi teknis dan pebalap," ujar Jarvis seperti dilansir Autosport.

"Para mekanik kami mengembangkan solusi baru, dan pebalap mengerti untuk bisa mengalahkan Marquez mereka harus fokus, penuh latihan dan komitmen," sambungnya.

Lorenzo berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2015, dengan keunggulan lima poin atas Rossi. Sementara Marquez jauh tertinggal di peringkat ketiga, kalah hingga 83 poin dari Rossi.

Jarvis yakin Marquez akan tetap jadi ancaman utama Yamaha musim depan. Musim lalu, The Baby Alien terbilang tidak beruntung. Meski merebut jumlah kemenangan lebih banyak daripada Rossi, Marquez terpuruk setelah enam kali gagal finis sepanjang musim.

"Musim depan akan sangat kompetitif. Kami punya tim terbaik dan mekanik terbaik di dunia. Kami akan berusaha dengan keras menyapu bersih gelar juara dunia lagi musim depan," tegas Jarvis.

MotoGP 2016 akan dibuka dengan seri GP Qatar di Sirkuit Losail, 20 Maret 2016. (har)