Potret-potret Kilas Balik Sepak Bola Internasional 2015

Reuters & Getty Images, CNN Indonesia | Kamis, 31/12/2015 16:37 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona meraih lima trofi tahun ini, mengagetkan dunia dengan membantai Madrid 4-0 di el clasico pertama musim 2015/16, dan penguakan skandal FIFA.

Cristiano Ronaldo meraih trofi Ballon d'Or 2014 pada 12 Januari 2015. Ia pun mencium putranya usai menerima trofi itu di Zurich, Swiss. Kini, tampaknya trofi Ballon d'Or 2015 akan menjadi milik Lionel Messi yang gemilang bersama Barcelona. (REUTERS/Arnd Wiegmann)
Kapten timnas Pantai Gading Yaya Toure (tengah) merayakan keberhasilan negaranya menjuarai Piala Afrika setelah mengalahkan Ghana di partai final pada 8 Februari 2015. (REUTERS/Amr Abdallah Dals)
Jose Mourinho berpelukan dengan John Terry usai memenangkan Piala Liga pada 1 Maret 2015. Selain Piala Liga, Mourinho pun membawa Chelsea juara Liga Inggris musim 2014/15. Namun, di musim 2015/16 ini ia menjadi pesakitan dan didepak dari Chelsea. (Reuters / Matthew Childs)
Javier Hernandez merayakan golnya ke gawang Atletico Madrid pada perempat final leg kedua Liga Champions 2014/15, 22 April 2015. Pada akhir musim Hernandez tak dilanjutkan kontrak pinjamannya oleh Madrid. Kini ia top skor bagi Bayer Leverkusen. (Reuters/Sergio Perez)
Petugas mengosongkan kotak pemilihan presiden FIFA dalam ajang kongres FIFA di Zurich, 29 Mei 2015. Sepp Blatter terpilih untuk periode kelima. Namun, terkait skandal yang melibatkan pejabat teras, Blatter memilih untuk menyerahkan mandatnya kembali dalam tempo sepekan setelah terpilih. (REUTERS/Ruben Sprich)
Trio Suarez, Messi, dan Neymar merayakan keberhasilan Barcelona menggondol Liga Champions setelah mengalahkan Juventus di partai final, Berlin, 6 Juni 2015. (Reuters / Kai Pfaffenbach)
Arturo Vidal hendak menggendong putranya sebelum timnya diserahkan trofi Copa America 2015. Di partai final Chile mengalahkan timnas Argentina, 4 Juli 2015. (REUTERS/Jorge Adorno)
Dokter tim Chelsea Eva Carneiro (kedua dari kiri) berjalan menuju lorong, sementara Jose Mourinho memberi kode kepadanya. Perseteruan Mourinho dengan Carneiro pada 9 Agustus 2015 diduga menjadi titik awal buruknya Chelsea separuh musim ini. (Reuters / Andrew Couldridg)
Diego Costa semakin dikenal sebagai pemain pencari masalah setelah memancing emosi bek Arsenal Gabriel Paulista di Stamford Bridge, 19 September 2015. (Reuters / Dylan Martinez)
Gareth Bale (kiri) bersama rekan-rekannya di timnas Wales merayakan untuk kali pertama negara itu lolos ke putaran final kejuaraan sepak bola internasional mayor. Wales berhasil meraih satu tiket putaran final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Perancis. (Reuters / Rebecca Naden)
Skuat Barcelona membungkam publik Santiago Bernabeu setelah menekuk tim tuan rumah, Real Madrid empat gol tanpa balas, 21 November 2015. Empat gol Barcelona dalam ajang el clasico itu dicetak Luis Suarez (2), Neymar, dan Andres Iniesta. (Reuters / Sergio Perez)
Nasib Sepp Blatter sebagai presiden FIFA berakhir sebelum waktunya ia memutuskan mundur pada Februari tahun depan. Pasalnya, Komite Etik FIFA memutuskan mengasingkan Blatter dari sepak bola dan kegiatan terkait selama delapan tahun. (REUTERS/Arnd Wiegmann)