Masa Depan Rio Haryanto Ditentukan Lima Hari Lagi

Arby Rahmat | CNN Indonesia
Kamis, 11 Feb 2016 14:48 WIB
Setelah pihak Manor Motorsport berkunjung ke Indonesia, Kemenpora menyatakan ada sinyal positif untuk masa depan Rio Haryanto di F1. Pihak Rio Haryanto telah bertemu dengan perwakilan Manor Motorsport yang berkunjung ke Jakarta. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekan depan pihak Manor Motorsport akan mengumumkan kepastian bisa atau tidaknya Rio Haryanto menjadi pembalap mereka di ajang Formula Satu (F1).

Siang ini (11/2) Direktur Grand Prix Manor, Abdulla Boulsien, datang ke kantor Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi untuk membicarakan keikutsertaan Rio.

Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, yang mendampingi Imam dalam pertemuan tersebut menyampaikan ada sinyal positif hasil kunjungan dua hari satu malam Abdulla ke Indonesia.

"Kita lihat nanti lima hari terhitung besok --akan jatuh Selasa (16/2) -- mereka (Manor) akan umumkan," kata Gatot kepada para awak media di Kemenpora usai jumpa pers.

"Dalam pertemuan itu, Pak Menteri mengatakan pemerintah tidak tanggung-tanggung bantu Rio meski masih ada beberapa masalah."

Boulsein sendiri tak ingin berkomentar atau menggelar sesi konferensi pers mengenai hasil pertemuannya dengan Kemenpora. Ia hanya tersenyum dan buru-buru meninggalkan kantor Kemenpora bersama ibunda Rio, Indah Pennywati, dan manajer Rio, Piers Hunnisett.

Rombongan Manor dan Rio datang terlambat setengah jam dari jadwal pertemuan yang seharusnya pada pukul 10.30 WIB. Gatot menceritakan keterlambatan Manor disebabkan lantaran mereka singgah ke kantor Pertamina dahulu untuk membicarakan soal kesempatan Rio di ajang F1.

Walau tidak menjelaskan secara rinci, Gatot menyampaikan sinyal yang diberikan Pertamina terhadap Rio semakin bagus. Gatot juga menyampaikan bahwa selama ini dirinya pun berkomunikasi dengan pejabat di Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

"Saya terus mendorong mereka agar mendukung Rio. Dalam sidang kabinet Pak Menteri juga sudah bertemu Bu Rini Soemarno (Menteri BUMN)," ucap Gatot.

Manor menjadi satu-satunya tim yang belum mengumumkan susunan pembalap lengkap untuk musim depan. Dari dua slot pembalap untuk setiap tim, Rio Haryanto kini berebut satu tempat setelah Pascal Wheirlen secara resmi diumumkan sebagai pebalap Manor pada Rabu (10/2).

Rio akan berebut kursi itu dengan pebalap Amerika Serikat Alexander Rossi, pebalap Inggris Will Stevens, dan pebalap Manor musim lalu, Roberto Merhi.

Gatot mengatakan bahwa pertemuan dengan pihak Manor tidak membicarakan masalah persyaratan dana yang harus disetorkan Rio.

Hingga saat ini Rio memang belum mendapatkan total 15 juta Euro (Rp229 miliar) yang ia butuhkan untuk mengamankan kontrak dengan Manor.

Rio baru berhasil mengumpulkan 5,2 juta euro dari Pertamina dan tambahan Rp100 miliar atau setara dengan sekitar 6,5 juta euro dari Kemenpora.

Mereka juga seharusnya membayarkan uang muka 3 juta euro pada Jumat (5/2). Namun pencairan dana dari pemerintah terkendala birokrasi, sementara uang dari Pertamina bersifat dibayarkan kemudian. Harus ada pihak lain dulu yang menanggung, baru Pertamina memberikan jaminan. (vws/vws)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER