Van Gaal: Pergantian Manajer Klub Harus Ada Etikanya

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Minggu, 14/02/2016 13:55 WIB
Van Gaal: Pergantian Manajer Klub Harus Ada Etikanya Menurut Louis Van Gaal ada etikanya klub memberitahukan soal pergantian manajer sebelum ada kesepakatan dengan manajer baru. (Reuters / Andrew Yates)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Manchester United, Louis Van Gaal, mengaku belum dihubungi Jose Mourinho. Itu terkait rumor pergantian dirinya dengan mantan manajer Chelsea tersebut.

Pernyataan Van Gaal ini seolah ingin menegaskan bahwa kabar tersebut belum tentu kebenarannya. "Tapi saya tidak berharap Jose Mourinho menghubungi saya soal itu. Tidak dalam dunia sepak bola, itu tak akan terjadi," Van Gaal menuturkan.

"Saya juga tak akan menghubunginya. Jika saya melakukannya, kalian akan berpikir bahwa kabar itu benar dan tidak seperti itu. Saya tidak berpikir seperti itu."


Sebelumnya laga menghadapi Sunderland dimulai, Van Gaal mengatakan, ia berharap jika pihak klub menginformasikan jika dirinya diganti oleh manajer lain.

Apalagi, ia mengklaim hubungannya dengan Wakil Ketua Eksekutif MU, Ed Woodward, baik-baik saja. Namun, tampaknya hubungan baik itu mulai memudar setelah kekalahan "Setan Merah" dari Sunderland 1-2 di Light Stadium.

"Dulu saya pernah menjabat sebagai pelatih kepala di federasi sepak bola Belanda. Kami ada aturan bahwa Anda tak bisa bicara dengan pihak klub sebelum mengumumkan manajer baru," tutur pelatih berusia 64 tahun itu.

Menurutnya, bukan suatu kelaziman jika pihak klub bicara kepada manajer baru sebelum ada pengumuman pergantian manajer lama. "Itu bukan etika yang bagus, bukan!"

Rumor bakal merapatnya Mourinho ke Manchester United memang kian merebak. Setelah sempat diisukan sudah mulai melakukan kontak dengan pemilik klub, pelatih Portugal itu bahkan dikabarkan sudah ada kata sepakat dengan klub.

Bahkan, Mourinho kabarnya mendapat bayaran senilai Rp292 miliar rupiah per tahun, sebagai salah satu bentuk kesepakatannya.

Pria yang baru saja didepak Chelsea pada Desember lalu itu digadang-gadang kandidat terkuat menggantikan Van Gaal mulai akhir musim ini. (bac)