Nicky Butt 'Promosi' Jadi Kepala Akademi MU

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Selasa, 16/02/2016 09:38 WIB
Nicky Butt 'Promosi' Jadi Kepala Akademi MU Nicky Butt mengatakan bahwa ia bangga menjadi pelatih akademi Manchester United. (Chris Brunskill/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan gelandang Manchester United, Nicky Butt, ditunjuk sebagai kepala akademi klub yang baru.

Sejak 2012 lalu Butt telah berada dalam struktur klub dan pernah menjabat berbagai peran pelatih, mulai dari menangani tim cadangan hingga tim U-19. Butt juga pernah menjadi asisten Ryan Giggs ketika pemain Wales itu menjadi manajer caretaker pasca-pemecatan David Moyes di musim 2013/2014.

Ia mengatakan sangat senang bisa mengambil peran baru di akademi.


"Sebuah kehormatan untuk mendapatkan peran ini," kata mantan pemain tim nasional Inggris itu kepada situs resmi klub.

"Sebagai seseorang yang belajar sepak bola di tim muda United, sebuah kehormatan mendapatkan kesempatan memimpin akademi untuk menanamkan nilai dan sikap yang tepat untuk menciptakan generasi baru pemain Manchester United."

Butt adalah lulusan akademi MU. Ia dan rekan-rekannya seperti David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Gary Neville adalah teman satu angkatan yang kemudian menjadi tulang punggung kesuksesan MU menjadi raja di era Liga Primer Inggris.

Ia bermain 387 kali untuk MU sejak 1992 hingga 2004, memenangi enam gelar Liga Inggris, tiga Piala FA, dan juga Liga Champions 1999.

Wakil pemimpin klub Ed Woodward mengatakan: "Nicky memiliki warisan dan tradisi klub dalam darahnya. Ia adalah penerus alamiah."

Penunjukkan Butt menjadi bagian dari restrukturisasi akademi Manchester United. Sebelumnya Direktur Akademi Pemain Muda Brian McClair mengundurkan diri pada Juni 2015 sementara pelatih U-18 Paul McGuinnes juga meninggalkan jabatannya pekan lalu.

(vws)