logo CNN Indonesia

Uniknya Pilihan Ban Tim Rio Haryanto

, CNN Indonesia
Uniknya Pilihan Ban Tim Rio Haryanto
Jakarta, CNN Indonesia -- Manor Racing menggunakan proporsi tipe ban yang berbeda jika dibandingkan dengan tim-tim lainnya. Ketika nyaris semua pebalap hanya memilih satu atau dua set ban bertipe medium, kedua pebalap Manor yaitu Rio Haryanto dan Pascal Wherlein membawa empat set ban medium.

Selebihnya, Manor memilih menggunakan empat set ban lunak dan lima set ban super-lunak.

Hal ini terlihat dari data yang dikeluarkan Pirelli Sport pada 8 Maret lalu. Pemasok ban untuk balapan F1 itu memang mengumumkan secara resmi pilihan ban dari setiap pebalap.

Selain mengambil porsi ban medium lebih banyak, kedua pebalap Manor Racing juga mengambil porsi ban super-lunak paling sedikit di antara yang lainnya yaitu empat.
Para pebalap Mercedes dan Ferrari sama-sama mengambil enam set super-lunak, sedangkan Williams, Red Bull, Renault, Toro-Rosso, dan McLaren membawa tujuh set-super lunak.

Sebagai informasi, semakin lunak jenis ban, maka mobil bisa melaju semakin kencang karena memiliki daya cengkram yang lebih tinggi. Akan tetapi, semakin lunak ban maka akan semakin cepat aus sehingga bisa memaksa pebalap masuk pitstop lebih cepat untuk melakukan pergantian.

Menurut manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, pilihan empat tipe medium merupakan strategi tim.

"Ini bagian dari strategi, terutama untuk latihan bebas," kata Hunnisett lewat surat elektronik.
Replika mobil balap Formula Satu (F1) Rio Haryanto. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)

Aturan yang Rumit

Musim ini, Formula 1 memiliki aturan baru lebih rumit soal ban.

Pada 2015, cara masing-masing tim memilih ban bisa disederhanakan menjadi: Pirelli menyuplai empat tipe ban untuk digunakan di cuaca kering: keras, medium, lunak, dan super-lunak. Masing-masing pebalap kemudian akan memilih dua tipe untuk setiap balapan. Jika tidak terjadi hujan, maka setiap pebalap harus menggunakan kedua tipe itu ketika balapan berlangsung.

Untuk musim ini, Pirelli akan menyediakan lima pilihan tipe ban di cuaca kering, yaitu dengan penambahan tipe ultra-lunak (baru digunakan setelah GP Kanada).
Pirelli kemudian akan memilihkan tiga tipe ban untuk setiap balapan. Di balapan Australia, tipe tersebut adalah medium, lunak, dan super-lunak.

Setiap pebalap memiliki maksimum 13 set untuk digunakan. Karena masing-masing sudah pasti menerima tiga set pilihan Pirelli, maka pebalap akan memilih 10 set tersisa.

Dari ke-13 set tersebut, satu set ban tipe terlunak akan digunakan untuk kualifikasi sesi 3 (Q3).

Saat balapan, Pirelli akan memilihkan dua set yang satu di antaranya wajib digunakan. Untuk GP Australia, Pirelli memilih satu set medium, dan satu set tipe lunak.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Lampu Hijau Musim Balap 2016
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video