Lantunan Al-Quran Membawa Ali Pergi Selamanya dengan Tenang

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Sabtu, 11/06/2016 02:43 WIB
Membacakan Al-Quran menjadi salah satu permintaan Ali kepada para sahabat dan keluarga saat pemakaman. Warga dan undangan melemparkan mawar melepas kepergian sang Legenda Muhammad Ali di Louisville, Kentucky (10/6). (Reuters.Carlos Barria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keheningan dan khidmat sangat terasa dalam upacara pemakaman 'The Greatest' Muhammad Ali di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Tepukan tangan diberikan para undangan pemakaman Ali, namun suasana haru tak bisa dielakkan.

Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton pun memberikan sambutannya setelah lantunan ayat suci Al-Quran dibacakan oleh Imam Hamzah Abdul Malik sebagai permintaan terakhir Ali.

Dari pantauan CNN.Com Nyaris tak ada suara sedikitpun, tenang dan khidmatnya upacara pemakaman Ali seakan pertanda sang legenda pulang juga dengan tenang. Lantunan Al-Quran pun diterjemahkan oleh Ayah Kutman, seorang Syiria generasi kedua agar para hadirin mengerti apa keinginan Ali atas ayat yang dilantunkan.


Nyaris 15 ribu orang hadir dalam pemakaman. Semasa hidupnya Ali akan selalu dikenang atas tindakannya terhadap kemanusiaan. Hal itu diungkapkan Clinton dan aktor Billy Crystal, termasuk Will Smith, Mike Tyson yang juga hadir dan terihat tak kuat menahan tangis.

Saat ini di luar pemakaman Cave Hill, para fan serta warga sekitar terus melemparkan mawar dan mencoba mendekat ke karpet mawar dimana kereta jenazah Ali melewatinya. (pit/pit)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK