Kemenangan Dramatis AS Terbuka Bagi Dustin Johnson

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Selasa, 21/06/2016 00:26 WIB
Kemenangan Dramatis AS Terbuka Bagi Dustin Johnson Pegolf nomor enam dunia Dustin Johnson merayakan trofi grand slam pertamanya bersama sang tunangan Paulina Gretzky. Ia menjuarai AS Terbuka 2016 di Oakmont Country Club, 19 Januari 2016. (Reuters/Michael Madrid-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dustin Johnson berhasil memenangi kejuaraan Amerika Serikat (AS) Terbuka pada Minggu (19/6) waktu setempat. Johnson berhasil menjuarai gelaran ke-116 AS Terbuka itu lewat kemenangan tipis yang dramatis.

Itu adalah gelar grand slam pertama bagi Johnson yang saat ini berada di peringkat enam dunia. Seperti dilansir Reuters, Johnson memungkasi kejuaraan itu lewat birdie putt dari jarak lima kaki dari lubang terakhir.

Kejuaraan itu sendiri berlangsung dramatis karena perdebatan di antara ofisial mengenai aturan yang dilanggar pada green kelima. Peristiwa kontroversial itu terjadi setelah bola Johnson bergerak sedikit ketika Johnson hendak bersiap akan membuat par putt di lubang kelima.


Dia menyangkal telah membuat bola itu bergerak. Ofisial pertandingan pun melakukan diskusi menanggapi itu. Akhirnya dinyatakan Johnson tak dikenakan penalti.

Johnson akhirnya disepakati dikurangi satu pukulan setelah permainan selesai, namun itu tak berarti bagi kemenangan Johnson. Total, dari empat putaran, Johnson membukukan 276 pukulan.

"Rasanya menyenangkan, sungguh menyenangkan, " ujar Johnson.

Ia juara setelah unggul tiga pukulan atas rekan senegarannya Jim Furyk.

"Saya punya banyak peluang tapi tidak bisa tenang menyelesaikan itu, Jadi ini adalah hasil yang manis. Saya tahu swing saya bagus, dan hanya perlu fokus pada permainan saya dan lapangan," kata Johnson.

Sementara itu pegolf nomor dua dunia asal yang memenangkan AS Terbuka tahun lalu, Jordan Spieth kali ini terpuruk. Ia mencatat total 289 pukulan atau sembilan di bawah par.

(kid)